4 Tips Resign yang Baik dan Profesional

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 22:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 622 2357096 4-tips-resign-yang-baik-dan-profesional-aRETR2Hg0Y.jpg Resign Kerja (Foto: Corbis)

JAKARTA – Ketika berada di dunia kerja, sikap profesionalitas harus ditunjukkan. Hal itu bertujuan agar kegiatan dalam bekerja bisa berjalan semestinya. Bahkan juga saat mengajukan resign.

Ketika ingin mengajukan resign atau keluar dari suatu perusahaan/kantor semestinya sikap profesionalitas harus ditunjukkan meskipun prosesnya tak mudah. Sikap tersebut dapat membuat kesan akhir pada perusahaan yang akan ditinggalkan.

Dikutip dari instagram Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Jakarta, Minggu (7/2/2021), memberikan tips bagaimana cara resign yang tetap menjunjung tinggi sikap profesional di tempat kerja sebagai berikut.

Baca Juga: 9 Etika Resign, Jangan Dadakan hingga Lunasi Utang Kerjaan 

1. Ajukan Permohonan 30 Hari Sebelum Resign

Sebaiknya, permohonan resign diajukan 30 hari/sebulan sebelum tanggal resign, bertujuan agar selama sebulan tersebut bisa mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan sebelum tanggal resign tiba.

2. Persiapkan Transisi Tanggung Jawab dengan Pengganti

Itulah mengapa harus mengajukan resign sebulan sebelumnya, supaya bisa menyiapkan pengganti di kantor. Tentunya pengganti tersebut akan diberi wawasan terlebih dahulu mengenai tugas dan tanggung jawab dari posisi yang ditinggalkan karyawan resign itu.

3. Tetap Bersikap Profesional dan Positif

Ketika sudah resign dari pekerjaan, tetap junjung profesionalitas dan sikap positif dalam diri. Dua hal itu akan memberikan kesan baik kepada perusahaan yang ditinggalkan. Kemudian, resign dengan cara yang baik juga akan memudahkan pencarian kerja selanjutnya.

4. Menjaga Komunikasi

 

Menjaga komunikasi dengan teman dan atasan di kantor yang lama agar tali persaudaraan yang sudah terbangun sebelumnya bisa terus terjalin. Mencoba resign bukan berarti tidak berkomunikasi kembali dengan kawan dan atasan di kantor yang lama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini