9 Etika Resign, Jangan Dadakan hingga Lunasi Utang Kerjaan

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 320 2240596 9-etika-resign-jangan-dadakan-hingga-lunasi-utang-kerjaan-pvkj7tTPRV.jpg Etika Kerja Bila Memutuskan untuk Mengundurkan Diri. (Foto: Okezone.com/Corbis)

JAKARTA - Mengajukan pengunduran diri (resign) dari tempat kerja merupakan sesuatu yang biasa terjadi. Hanya saja prosesnya harus dilakukan dengan baik layaknya saat kita diterima kerja pertama kali.

Jangan asal pamit dan mengundurkan diri ya. Etika dibutuhkan saat kamu memang ingin mengajukan pengunduran diri.

Simak beberapa etika sebelum resign seperti yang dikutip dari Instagram @kemnaker , Jakarta, Jumat, (3/7/2020):

1. Kasih tahu atasan jauh-jauh hari

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berbicara dan beri tahu tentang keputusan yang kamu buat.

2. Pastikan ia jadi orang pertama yang tahu

Selain orang terdekat di keluarga kamu, pastikan atasan kamu menjadi orang pertama yang mengetahui tentang keputusan resign kamu, setelah itu jika kamu ingin memberi tahu kepada sesama rekan kerja boleh kamu lakukan .

Baca Juga: Pandemi Corona, Kemenparekraf Dorong Pelaku Usaha Kreatif Go Digital

3. Katakan jujur alasan kamu

Berbicaralah sejujur-jujurnya mengenai alasan resign kamu, tidak perlu menutupi apa yang mengganjal di hati agar tidak mengganjal suatu saat nanti.

4. Beri "rekomendasi" siapa yang dapat menggantikanmu

Sebelum benar-benar kamu meninggalkan tempat kerja kamu sekarang, tidak ada salahnya jika kamu merekomendasikan siapa pengganti kamu nantinya, hitung-hitung membantu sesama yang membutuhkan pekerjaan.

Baca Juga: Industri Pariwisata Diprediksi Kembali Booming Tahun Depan, Ini Faktanya!

5. Beri cukup waktu untuk transfer kemampuan

Kalau sebelumnya kamu sudah merekomendasikan pengganti kamu, selanjutnya berbagai pengetahuan tentang pekerjaan kamu sebelumnya kepada calon pengganti kamu agar ia tidak bingung nantinya.

6. Selesaikan "utang" pekerjaan

Coba di ingat kembali semua 'utang' yang mungkin masih kamu miliki di tempat pekerjaan kamu sekarang, apakah masih ada pekerjaan yang belum selesai, administrasi atau hal lainnya yang belum tuntas? Selesaikan terlebih dahulu ya, sebelum kamu resmi resign dari tempat pekerjaan kamu.

7. Kembalikan apapun milik perusahaan

Apa yang kamu pinjam dan kamu gunakan di tempat pekerjaan kamu, jika itu bukan milik kamu harus dikembalikan seperti semula ya.

8. Serahkan semua daftar klien ke atasan

Semua daftar klien yang kamu punya, berikan ke atasan kamu ya, guna memudahkan calon pengganti kamu dan atasan bahkan sesama rekan kerja kamu saat membutuhkan informasi tentang klien tersebut.

9. Pamit dan tetap jaga koneksi

Yang terakhir yang mungkin sedikit sedih ya. Usahakan pamit baik-baik dan tetap jaga koneksi ke seluruh rekan kerja yang ada di kantor. Tetap jaga tali silaturahmi dan koneksi. Putus hubungan kerja, bukan berarti putus tali silaturahmi dan persaudaraan kan?

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini