Sosok Firmanzah di Mata Mantan Menkeu Chatib Basri

Hafid Fuad, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2021 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 06 320 2357560 sosok-firmanzah-di-mata-mantan-menkeu-chatib-basri-XLq5zbdebX.jpg Mantan Menkeu Chatib Basri (Foto: Setkab)

JAKARTA - Rektor Universitas Paramadina Firmanzah meninggal dunia. Sosok Firmanzah atau akrab disapa dengan Prof Fizh meninggalkan banyak kenangan baik pada banyak orang.

Salah satu ekonom nasional yang merasa kehilangan adalah Mantan Menteri Keuangan Indonesia periode 2013-2014 Chatib Basri atau dikenal dengan panggilan Dede. Dia mengaku sangat terkejut dengan meninggalnya Fizh dan merasa ini sebagai kehilangan besar.

Baca Juga: Firmanzah Meninggal Dunia, Eks Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi

Menurutnya potensi yang dimilikinya sangat besar karena usia yang masih muda namun sudah memiliki prestasi tinggi. Salah satu yang terkenal tentu saja sebagai dekan termuda di FEB UI.

"Saya kaget mendengar kabar sedih ini. Fizh itu pintar, humble dalam bergaul, saat berinteraksi sangat sopan," kenang Chatib saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Sabtu (6/2/2021).

Baca Juga: Mengenang Firmanzah, Stafsus SBY yang Ingatkan Soal Target Pajak hingga Kemiskinan

Dia mengakui keahlian Fizh dalam ilmu ekonomi terutama marketing communication. Menurutnya Fizh memiliki pemahaman yang sangat mendalam di bidang tersebut.

Tidak hanya itu tapi dia juga memuji Fizh memiliki kombinasi yang sangat jarang dimiliki ekonom Indonesia. Karena walaupun dia merupakan akademisi papan atas dengan posisi Dekan dan Rektor tapi sekaligus juga memiliki pengalaman di ranah kebijakan sebagai staf khusus era Presiden SBY.

"Saya sangat memuji kombinasi pengalaman yang baik dari almarhum. Karena pengalaman yang dia miliki di pemerintahan sangat penting untuk dikombinasikan dengan pengajaran bagi dunia kampus," katanya.

Selain dikenal pernah menjadi dekan, Fizh aktif dalam seminar-seminar baik dalam negeri maupun luar negeri. Dia juga aktif menulis baik buku maupun jurnal. Lebih dari 20 jurnal telah ia terbitkan dan beberapa buku juga telah ia tulis dan terbit.

Pada 15 Januari 2015, Fizh terpilih sebagai Rektor Universitas Paramadina periode 2014-2018, menggantikan Anies Baswedan yang terpilih sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dia juga pernah menjadi Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini