Donor Plasma BUMN, Ini Pesan Erick Thohir

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 320 2358328 donor-plasma-bumn-ini-pesan-erick-thohir-GYx6l7QFny.jpeg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Program plasma BUMN digerakan secara serentak di 15 provinsi di Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian.

Program tersebut merupakan wujud dukungan Kementerian BUMN terhadap gerakan nasional donor plasma konvalesen yang dicetuskan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Transfusi plasma konvalesen merupakan salah satu terapi tambahan untuk mengobati pasien Covid-19.

Baca Juga: Erick Thohir dan Utang BUMN Capai 1.682 Triliun, Cek 6 Faktanya

Program tersebut diinisiasi oleh Kementerian BUMN, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia dan dilaksanakan oleh Satgas BUMN di masing-masing provinsi di Indonesia.

"Program ini digelar secara serentak paling tidak di 15 provinsi di Indonesia serta disaksikan secara online di 34 provinsi," ujar Menteri BUMN Erick Thohir, Senin (8/2/2021).

Baca Juga: Dahlan Iskan: Banyak BUMM Omzetnya Kecil Ibarat Mayat Belum Dikubur

Angka terinfeksi Covid-19 secara konsisten terus menunjukan tren peningkatan dan mengkhawatirkan. Mantan Bos Inter Milan itu menuturkan, angka kesembuhan kasus dapat ditingkatkan dengan donor plasma konvalesen dari para penyintas Covid-19. Gagasan tersebut sekaligus menjadi dasar dari pembentukan gerakan plasma BUMN.

Erick akan mengarahkan sumber daya yang dimiliki perseroan pelat merah untuk memfasilitasi pelaksanaan program tersebut. Program ini juga sekaligus mendorong karyawan dan keluarga BUMN yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 untuk membantu pasien Covid-19 lainnya.

“Potensi dan sumber daya BUMN sangat besar. Tersebar merata di seluruh provinsi di Indonesia dan harus menjadi garda terdepan dalam tiap kesempatan. Karena itu, kami bekerja sama dengan PMI, saya berharap, nantinya semua yang sudah terinfeksi dan sesuai dengan persyaratan tentunya, mau mendonorkan plasmanya untuk sesama. Kami dari BUMN akan selalu siap membantu dengan semua sumber daya yang kami miliki,” kata dia.

Erick Thohir memimpin launching program Plasma BUMN untuk Indonesia di Kantor Pusat Pertamina pada Senin hari ini. Launching program ini turut dihadiri oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini