Cegah Banjir, Bandara Ahmad Yani Semarang Bakal Dipasang Pompa

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 320 2358800 cegah-banjir-bandara-ahmad-yani-semarang-bakal-dipasang-pompa-ABvRdrSc7s.jpeg Pesawat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan buka suara terkait banjir Semarang tepatnya di Bandara Internasional Ahmad Yani. Mengingat, banjir yang terjadi di Semarang cukup parah sehingga Bandara Ahmad Yani sempat ditutup.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi agar banjir tidak terjadi lagi di Bandara Ahmad Yani Semarang. Misalnya dengan melakukan pemasangan pompa.

Baca Juga: Banjir Ampun-ampunan Rendam Bandara Ahmad Yani, Komisi V Cecar Kemenhub

Pemasangan pompa ini juga dilakukan di beberapa bandara lain yang berpotensi mengalami banjir. Misalnya adalah Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Novie menargetkan pemasangan pompa akan dilakukan pada tahun ini. Sehingga, saat volume air naik maka dapat diatasi dan banjir bisa diantisipasi.

“Kami juga berkoordinasi dengan Kementerian PUPR mengatasi masalah banjir di bandara Semarang dan Halim. Di Semarang, AP I bekerjasama dengan Kementerian PUPR dipasang pompa,” ujarnya dalam acara Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR-RI, Jakarta, Senin (8/2/2021).

Memang menurut Novie, setiap daerah memiliki cara yang berbeda dalam menyelesaikan masalahnya. Termasuk juga di Bandara Semarang yang membutuhkan cara khusus untuk mengantisipasi banjir.

“Jadi setiap daerah memang mempunyai kekhususan untuk mengatasi, sebagai contoh di Semarang kita akan melakukan teknik khusus untuk melakukan semacam membuat bendungan-bendungan,” jelas Novie.

Hal yang sama sebenarnya sempat dilakukan oleh pemerintah di Bandara Halim Perdanakusuma. Setelah pemasangan pompa dan membangun bendungan pada titik tertentu, permasalahan banjir bisa sedikit teratasi meskipun curah hujan tinggi.

“Halim belum terjadi dan pernah terjadi di 2020, di tahun 2021 ini kita menambah banyak sekali pompa. Sehingga harapan kami di tahun 2021 di Halim juga tidak akan terjadi banjir dan mulai dari sekarang sudah dikerjakan,” kata Novie.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini