Sri Mulyani Buka Suara Soal Pajak Mobil Baru 0%

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 03:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 13 320 2361479 sri-mulyani-buka-suara-soal-pajak-mobil-baru-0-O1OEUubXIH.jpg Pajak Mobil Baru 0%. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Insentif penurunan tarif PPnBM (diskon pajak) untuk kendaraan bermotor mulai diberlakukan pada Maret 2021. Kebijakan diskon pajak akan menggunakan PPnBM DTP (ditanggung pemerintah) melalui penerbitan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dan ditargetkan akan mulai diberlakukan pada Maret 2021.

"Pemberian diskon pajak kendaraan bermotor ini didukung kebijakan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk mendorong kredit pembelian kendaraan bermotor, yaitu melalui pengaturan mengenai uang muka (DP) 0% dan penurunan ATMR Kredit (Aktiva Tertimbang Menurut Risiko)," kata Sri Mulyani.

Lanjutnya, kombinasi kebijakan ini harapannya juga dapat disambut positif oleh para produsen dan dealer penjual untuk memberikan skema penjualan yang menarik agar potensi dampaknya semakin optimal.

Sebelumnya, Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, relaksasi PPnBM dapat meningkatkan purchasing power dari masyarakat dan memberikan jumpstart pada perekonomian. Stimulus khusus juga diberikan di sejumlah negara lain di dunia untuk industri otomotif selama pandemi. Seperti, pengurangan pajak penjualan sebesar 100% untuk CKD (mobil yang dirakit di dalam negeri) dan potongan hingga 50% untuk CBU (mobil yang dirakit di negara asalnya) yang dilakukan oleh Malaysia.

Pemerintah menyiapkan insentif penurunan PPnBM untuk kendaraan bermotor pada segmen kendaraan dengan cc < 1500 yaitu untuk kategori sedan dan 4x2. Hal ini dilakukan karena Pemerintah ingin meningkatkan pertumbuhan industri otomotif dengan local purchase kendaraan bermotor diatas 70%.

“Harapannya dengan insentif yang diberikan bagi kendaraan bermotor ini, konsumsi masyarakat berpenghasilan menengah atas akan meningkat, meningkatkan utilisasi industri otomotif dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama tahun ini,” ujar Airlangga.

Baca Selengkapnya: Pajak Mobil Baru 0% Mulai Bulan Depan, Sri Mulyani Bilang Begini

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini