Share

Relaksasi PPnBM Mobil Jadi Angin Segar bagi Saham Otomotif

Oktiani Endarwati, Koran SI · Senin 15 Februari 2021 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 278 2362138 relaksasi-ppnbm-mobil-jadi-angin-segar-bagi-saham-otomotif-uzc8DCOGLp.jpg Saham Otomotif (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Insentif Pajak Penambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM) 0% untuk mobil baru dengan kriteria tertentu menjadi sentimen positif bagi saham emiten di sektor otomotif.

Relaksasi diberikan untuk mobil penumpang 4x2, termasuk sedan dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc yang diproduksi di dalam negeri. Insentif ini akan diterapkan bertahap mulai Maret 2021.

Analis PT MNC Sekuritas Catherine Vincentia mengatakan, insentif yang diberikan bagi kendaraan bermotor merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional di mana pemerintah mengestimasi produksi manufaktur otomotif bisa mencapai 81.752 unit atau Rp1,4 triliun sebagai pemasukan negara.

"Ini akan mendorong pergerakan emiten otomotif namun dengan beberapa kriteria tersebut maka tidak semua mobil yang akan terkena dampak PPnBM ini. Apalagi pemberian insentif pajak ini diberikan mulai dari Maret di mana kita harus melihat juga kebijakan pemerintah apakah sudah membaik atau belum," ujarnya pada Market Opening IDX Channel, Senin (15/2/2021).

Baca Juga: Pajak Mobil Baru 0% Mulai Bulan Depan, Sri Mulyani Bilang Begini 

Menurut dia, sebagian masyarakat tentu akan tetap memfokuskan dananya untuk kebutuhan pokok terlebih dahulu ketimbang membeli barang-barang tersier seperti mobil.

"Memang untuk apa juga sih kita beli mobil kalau misalkan aktivitas kita sebenarnya belum kembali atau malah terjadi pengetatan. Makanya konsumen akan merespon hal tersebut ketika implementasi di bulan Maret," ungkapnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Dia menuturkan, PT Astra International Tbk (ASII) menjadi salah satu emiten otomotif yang terdorong akibat insentif pajak tersebut. Namun sentimen positif tersebut hanya dalam jangka pendek.

Baca Juga: Beli Mobil Baru PPnBM 0% Mulai Bulan Depan, Cek 5 Faktanya 

"Dari MNC Sekuritas memberikan target price di level 7.480 selama jangka waktu 12 bulan. Kita juga perlu melihat bagaimana respon masyarakat terhadap PPnBM ini ke investor asing dan bagaimana penjualan mobil secara bulanan, apakah ada peningkatan atau tidak," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini