Sempat Ambles, Gimana Kondisi Terkini Jalan Tol Cipali?

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 320 2362497 sempat-ambles-gimana-kondisi-terkini-jalan-tol-cipali-kGBDYSg58a.jpg Jalan Tol Cipali Ambles (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebut jalan Tol Cikopo - Palimanan (Tol Cipali) sudah bisa dilalui oleh pengguna jalan. Khususnya untuk kendaraan pribadi atau golongan 1.

Pelaksana Harian (Plh) Anggota BPJT Unsur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mahbullah Nurdin mengatakan, saat ini sudah kendaraan pribadi sudah bisa melintas tol Cipali. Karena pihak pengelola sudah membangun dua lajur sementara di median sebagai jalur pengganti.

Baca Juga: Tol Cipali Ambles, Perbaikan Butuh Waktu 1,5 Bulan

Selain itu, Kementerian PUPR meminta untuk dibuat akses (sodetan) sementara utk menuju contraflow jalur A dalam waktu 3 hari. Sodetan ini ditargetkan akan selesai pada Jumat.

Kan sekarang lalu linta sudah bisa jalan dengan telah dibuatnya jalan pengganti jalan yang amblas," ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (15/2/2021).

Baca Juga:  Video Viral Banjir Cipali Ternyata Kejadian Hari Minggu Sore

Selain melakukan pembangunan sementara, kontraktor juga melakukan perbaikan secara permanen. Perbaikan secara permanen ini akan memakan waktu kurang lebih 45 hari.

"Perbaikan secara permanen diperkirakan dibutuhkan 1,5 bulan," ucapnya.

 

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu jalan tol Cikopo - Palimanan (Cipali) sempat ambles di KM 122 + 400 Arah Jakarta. Hal tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi.

Keretakan sepanjang 40 meter yang terjadi di KM 122+400 arah Jakarta yang berada di wilayah Subang ini, ditemukan pertama kali pada 8 Februari 2021 pukul 16.00. Intensitas dan curah hujan tinggi mengakibatkan banyak volume air yang masuk ke dalam baselayer melalui keretakan.

Ditambah dengan kendaraan berat yang melintas untuk menghindari banjir di jalur Pantura. Sehingga keretakan bertambah pada pukul 22.00 dan memburuk sehingga terjadi keretakan yang lebih besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini