Diguyur Hujan, Bagaimana Kelanjutan Perbaikan Tol Cipali?

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 320 2363086 diguyur-hujan-bagaimana-kelanjutan-perbaikan-tol-cipali-sMbEDBk8Nw.jpg Ilustrasi jalan rusak (Okezone)

JAKARTA - PT Lintas Marga Sedaya (LMS) atau Astra Tol Cipali terus melakukan perbaikan dan pengerjaan jalan amblas yang terjadi di tol Cikopo - Palimanan (Cipali) kilometer (Km) 122. Meskipun saat ini musim penghujan masih terjadi.

Direktur Operasi Lintas Marga Sedaya (LMS) Astra Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan tidak ada kendala berarti dalam proses pengerjaan dan perbaikan jalan amblas di tol Cipali. Karena pihaknya tetap mengacu dan terus memantau prediksi cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

 Baca juga: Ini Jurus PUPR Atasi Amblesnya Tol Cipali

"Saat ini aman (tidak ada kendala). Curah hujan turun sesuai data BMKG," ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (16/2/2021).

Agung menjelaskan, progress pekerjaan pembuatan jalan sementara di median KM 122 terdiri dari 4 tahapan. Keempat tahapan tersebut yaitu design, shortcut, detour dan konstruksi.

 Baca juga: Operator: Hari Ini Tak Ada Genangan di Tol Cipali

Pekerjaan pemasangan platform bore pile untuk pembuatan detour jalan sementara sepanjang 200 m sudah selesai dilakukan. Dan saat ini sedang berlangsung pekerjaan konstruksi.

“Saat ini sedang dilakukan pekerjaan konstruksi untuk pembuatan jalan sementara sepanjang 200 meter,” jelas Agung.

Selain itu, normalisasi arus lalu lintas di KM 122 terus dilakukan. Saat ini proses pekerjaan di lokasi retakan tanah sudah memasuki tahap konstruksi yakni perapihan timbunan tanah dengan excavator dan dilanjutkan dengan pengurugan.

"Rencananya pengalihan arus dengan menggunakan median jalan ini diperkirakan akan beroperasi mulai minggu depan, diharapkan dengan beroperasinya jalan di median ini, arus contra flow tidak diberlakukan lagi," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini