Banyak Tol Ambles dan Longsor, DPR Minta Audit Konstruksi

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 320 2364222 banyak-tol-ambles-dan-longsor-dpr-minta-audit-konstruksi-1mlZQJppil.jpg Jalan Tol. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) buka suara terkait banyaknya jalan tol yang ambles dan longsor. Meskipun dijelaskan jika amblas dan longsornya jalan dikarenakan kondisi cuaca ekstrem di mana curah hujan yang sangat tinggi.

Baca Juga: Kendaraan Rusak Karena Jalan Tol Berlubang, Begini Cara Klaim Ganti Rugi 

Adapun beberapa jalan tol yang mengalami amblas atau longsoran seperti Surabaya-Gempol yang mengalami longsor akibat curah hujan tinggi. Kemudian yang terbaru ada jalan Tol Cikopo - Palimanan yang amblas.

Kini Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) juga sedang mensiagakan pada titik ruas tol lainnya. Salah satunya adalah Jalan Tol Semarang-Batang yang berpotensi mengalami longsor jika tidak ada penanganan dan perbaikan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) atau operator tol.

Baca Juga: Dear Operator Jalan Tol, Jangan Cuma Minta Kenaikan Tarif Doang

Ketua Komisi V DPR Lasarus mengatakan ramainya jalan tol yang amblas dan longsor perlu dilakukan langkah audit yang mendalam. Sehingga bisa diketahui penyebab dari amblas dan longsornya jalan tol ini.

“Perlu dilakukan audit konstruksi untuk mengetahui penyebabnya apakah faktor alam atau gagal konstruksi,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (18/2/2021).

Lasarus pun mengaku akan memanggil Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga pihak BUJT untuk dimintai keterangan. Namun pemanggilan baru akan dilakukan ketika sudah memasuk masa sidang kembali.

“Pasti (akan dipanggil). Sekarang masih masa reses. Nanti kita panggil setelah masuk masa sidang,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini