2 Manfaat Ketika Berhasil Mengelola Keuangan, Bakal Jadi Orang Kaya Beneran

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Minggu 21 Februari 2021 20:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 622 2364971 2-manfaat-ketika-berhasil-mengelola-keuangan-bakal-jadi-orang-kaya-beneran-ZKwbQyjXe0.jpg Tips Kelola Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Mengelola keuangan dengan baik akan menghadirkan manfaat, seperti terhindar masuk ke dalam jurang kemiskinan. Namun, manfaat yang dirasakan akan terlihat dalam jangka waktu yang panjang.

Manfaat yang akan diterima dari pengelolaan keuangan dengan melakukannya terus menerus akan terasa dalam jangka panjang. Hal itu dijelaskan oleh Perencana Keuangan Andi Nugroho.

“Manfaatnya pasti untuk jangka panjang ya. Namanya mengelola Keuangan kan kita tidak bisa kemudian membutuhkan waktu yang singkat. Pasti butuh waktu untuk menikmati hal tersebut,” jelas Andi Nugroho kepada Okezone, Minggu (21/2/2021).

Baca Juga: Begini Cara Buat Rencana Pengeluaran agar Tak Boros 

Kemudian, Andi menjelaskan manfaat mengelola keuangan secara lanjut selain terhindar dari jurang kemiskinan, sebagai berikut.

1. Dapat Menikmati Hidup

Keuntungan jangka panjang dalam mengelola keuangan adalah seseorang bisa menikmati hidupnya dengan lebih maksimal. Jadi, seseorang seolah-olah akan memiliki mesin uang dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

“Kenapa maksimal, karena namanya mengelola keuangan kita bisa meminimalkan utang kita dan sebagai gantinya adalah kita memiliki pasif income. Jadi, tanpa kita harus kerja langsung pun kita sudah punya mesin uang yang akan memberikan uang kepada kita untuk kebutuhan sehari-hari,” ungkap Andi.

2. Terhindar dari Hal-Hal Bersifat Konsumtif

Kemudian, seseorang akan terhindar dari kebiasaan konsumtif yang hanya akan menghabiskan uangnya. Dengan begitu, uang yang dimiliki akan dibelanjakan untuk hal-hal yang lebih produktif.

“Contohnya, mungkin, daripada hanya untuk gonta-ganti gadget lebih baik uangnya dipakai untuk memulai bisnis baru walaupun kecil-kecilan,” contoh yang diberikan Andi.

Dengan begitu, lanjut Andi, hal tersebut akan mendatangkan uang lebih banyak dengan cara mengelola bisnis tersebut. Ketika terus menekuni dalam beberapa waktu, justru akan membuat seseorang menjadi berkecukupan atau menjadi kaya. (dni)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini