Alat Kantor hingga Masker Jadi Produk UMKM Paling Laris Dibeli BUMN

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 22 Februari 2021 17:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 320 2366399 alat-kantor-hingga-masker-jadi-produk-umkm-paling-laris-dibeli-bumn-6mlY091TnW.jpg Pasar Digital UMKM. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat volume transaksi dalam program Pasar Digital (PaDi) UMKM Virtual Expo 2021 mencapai Rp3,5 miliar. Nilai tersebut diperoleh selama sepekan atau periode 15-21 Februari 2021.

Ketua Pelaksana PaDi UMKM Virtual Expo Loto Srinaita Ginting menyebut, dalam periode tersebut pihaknya mencatat ada 69.122 kunjungan dari buyer group BUMN dan 1.800 frekuensi transaksi.

"Dapat kami laporkan bahwa terhitung 15 Februari 2021 hingga hari ini, Senin 22 Februari 2021, pukul 12.00 Wib, tercatat 69.122 kunjungan dari buyer group BUMN. 1.800 frekuensi transaksi dan Rp3,5 miliar volume transaksi," katanya dalam konferensi pers Senin (22/2/2021).

Baca Juga: Salurkan Rp173,17 Triliun, Sri Mulyani Mau UMKM Bangkit dan Lebih Kuat

Sementara itu, tercatat ada 47 perseroan pelat merah yang tengah memproses perluasan implementasi PaDi UMKM. Ke-47 badan usaha itu akan tersebut akan bergabung dalam program selanjut. Saat ini ada 9 BUMN yang sudah menjadi mitra UMKM.

Ke-9 perusahaan negara itu telah melakukan transaksi awal dalam program Pasar Digital UMKM dengan nilai Rp11,4 triliun. Jumlah itu tercatat sejak PaDi UMKM di terbitkan pada Agustus 2020 hingga akhir Januari 2021.

Adapun sembilan BUMN yang tergabung dalam sinergitas kemitraan adalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom yang bertindak sebagai pihak pengelola informasi terpusat dan layanan pemasaran business-to-business (B2B).

Baca Juga: Angela Tanoesoedibjo: Digital Jadi Solusi di Tengah Pandemi

Sedangkan delapan perusahaan negara lainnya adalah Pembangunan Perumahan (PP), PT Waskita Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) atau Wika, PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI, PT Pegadaian (Persero), serta PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

Kedelapan perseroan ini berperan sebagai pihak atau pilot pada delapan kelompok kegiatan UMKM, termasuk UMKM yang diasuh dalam program pembinaan Rumah BUMN dan Community Development Center (CDC) tiap-tiap BUMN.

Sementara itu, berdasarkan kelompok buyer, lima transaksi dengan nilai terbesar dibukukan oleh PT Telkom Indonesia Tbk senilai Rp861 juta, PT Pembangunan Perumahan Rp636 juta, PT Pegadaian (Persero) Rp 503 juta, PT Waskita Karya (Persero) Rp 477 juta, dan PT Pertamina (Persero) mencapai Rp397 juta.

Berdasarkan organisasi pangampu UMKM peserta PaDi UMKM Virtual Expo, 5 nilai transaksi terbanyak dicapai oleh Muhammadiyah melalui CV Esa Medco Technology, sebesar Rp195,42 juta, Bhayangkari melalui Apotek Esa Farma sebesar Rp45,77 juta, HIPMI melalui PT Joyci Nusantara Cemerlang sebesar Rp20,93 juta, Dekranas melalui Kaloka Pottery sebesar Rp19,66 juta, dan Nahdatul Ulama melalui PT Agalo Nema Sanindo sebesar Rp18,15 juta.

Di antara ragam produk yang menjadi best seller adalah kategori Office Supply meliputi komputer, printer, elektronik dan ATK, disusul oleh kategori Alat Kesehatan terdiri dari antara lain masker medis, hand-sanitizer, dan APD.

Bagi seluruh UMKM exhibitor, penyelenggaraan PaDi UMKM Virtual Expo 2021 menambah peluang perluasan akses pasar dengan prospek kemitraan berkelanjutan dengan pelanggan korporasi, sehingga mendorong peningkatan daya saing melalui pengembangan portofolio pelanggan dan portofolio produk, sehingga secara keseluruhan berkontribusi langsung pada percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting menyebut, salah satu hal yang perlu digarisbawahi adalah partisipasi semua pihak pada event ini merupakan sebuah kontribusi nyata terhadap upaya pengembangan UMKM.

"Sebagai motor ekonomi rakyat yang dapat mendongkrak pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional yang sedang terdampak pandemi Covid-19," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini