Kiat Sukses Bisnis Cuci Motor dan Mobil di Tengah Musim Hujan

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 06:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 455 2366244 kiat-sukses-bisnis-cuci-motor-dan-mobil-di-tengah-musim-hujan-PvT7AnKuGZ.jpg Bisnis Cuci Motor dan Mobil. (Foto: Okezone.com/Motorcyclevalley)

JAKARTA Bisnis cuci motor dan mobil menjadi salah satu peluang usaha yang dapat menghasilkan untung besar. Apalagi saat musim hujan, banyak kendaraan yang kotor.

Sebagian besar orang malas untuk mencucinya sendiri, maka menggunakan jasa steam. Namun tidak hanya musim hujan, bisnis cuci motor juga cukup ramai saat musim kemarau.

Seperti dikutip dari buku Peluang Usaha untuk Anak Muda karya Agoeng Widyatmoko, Selasa (23/2/2021), berikut kiat memulai usaha cuci motor dan mobil. 

Lokasi

Untuk memulai usaha ini, siapkan lokasi yang cukup untuk menampung minimal dua motor. Kalau belum punya cukup modal untuk menyewa tempat, gunakan halaman rumah. Jika memiliki modal lebih, cari lokasi yang strategis.

Baca Juga: Dikirim 50 Ikan Cupang, Susi Pudjiastuti: Saya Pikir Cuma Baju Saja Warna-warni

Seperti dekat kampus, kos-kosan, atau lokasi lain yang dekat dengan lalu lintas kendaraan. Kalau sudah mendapatkan untung pertama dari bisnis ini, coba untuk investasikan untuk membeli tempat dan memperbesar usaha.

Modal Kerja

Modal utama adalah peralatan untuk membersihkan kendaraan. Seperti kompresor guna menyemprot air dengan kekuatan sembur tinggi untuk menjangkau bagian terdalam kendaraan. Perlu juga mesin steam sehingga hasil lebih bersih dan mengkilat. Siapkan juga aneka peralatan cuci seperti sabun, shampo, pengilat cat kendaraan, sikat, selang, dan lainnya.

Baca Juga: 2 Peluang Bisnis Minuman Hangat saat Musim Hujan

Biaya Operasional

Perhitungkan juga biaya diluar peralatan utama. Seperti biaya listrik dan pompa air. Jika menggunakan PAM, maka perkirakan juga biaya yang harus dibayar setiap bulannya.

Jangan lupa menghitung biaya lainnya, seperti pembelin sabun cuci, semir, dan barang kecil lainnya.

Pekerja

Untuk usaha baru, cukup menggunakan satu pekerja. Bila punya waktu dan tenaga cukup menggunakan jasa sendiri sehingga untung bisa lebih besar, sebab tidak memberikan gaji kepada karyawan.

Namun jika usaha sudah berkembang, pertimbangkan untuk menambah karyawan. Supaya hasil pekerjaan bisa tertangani dan lebih maksimal.

Promosi

Salah satu unsur penting dari usaha adalah bagaimana agar dikenal orang. Untuk usaha steam ini bisa memulai dengan menawarkan jasa kepada orang terdekat, seperti rekan atau saudara.

Bila perlu, beri diskon di awal usaha agar terlihat ramai. Kalau ramai sudah pasti orang akan tertarik. Cara lain yang bisa digunakan dengan menyebarkan brosur atau pasang iklan di media sosial. Jangan lupa cari nama yang unik dan mudah diingat.

Pengendalian Keuangan

Terkait pengendalian keuangan atau perputaran keuntungan untuk modal usaha, pisahkan keuangan pribadi dan keuangan perusahaan. Boleh saja mengambil sebagian keuntungan untuk dinikmati, tapi jangan lupakan investasi untuk memperbesar usaha.

Perhitungan yang tepat, akan membantu kapan harus menaruh modal dan kapan menggunakan keuntungan yang di dapat. Kelebihan lainnya pada saat keuangan terputar dengan baik adalah bisa menentukan target yang harus dicapai sehingga usaha bisa berkembang lebih cepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini