4 Cara Kendalikan Pengeluaran agar Tak Boros

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 05:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 622 2366250 4-cara-kendalikan-pengeluaran-agar-tak-boros-VejrmWAKns.jpg Tips Mengatur Keuangan. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Sering kali orang tanpa sadar melakukan pengeluaran yang berlebihan dan menjadi boros. Jika hal seperti ini terus terjadi, akan mengganggu keuangan dan sulit untuk mencapai tujuan.

Maka penting untuk melacak pengeluaran yang dilakukan. Jika tidak tahu berapa banyak yang telah dibelanjakan setiap bulan, artinya tidak dapat mengetahui kapan telah mengeluarkan uang terlalu banyak.

Baca Juga: Musim Hujan Rawan Banjir, Ini Anggaran yang Perlu Disiapkan

Dilansir dari The Balance, Selasa (23/2/2021), berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengendalikan pengeluaran, terutama pada hal-hal yang tidak penting.

1. Membuat buku besar

Selain memiliki anggaran, pastikan juga memiliki buku catatan yang berisi sekitar tiga kolom dan tuliskan setiap kategori anggaran di bagian atas kolom. Kemudian catat jumlah yang ditetapkan di sebelahnya.

Baca Juga: Bunda, Ini Tips Pengelolaan Keuangan dari eMShop Biar Irit!

Jika belum membuat anggaran, dan melacak pengeluaran, maka harus memutuskan kategori pengeluaran dasar seperti utilitas, makanan, sewa, makan di luar, uang hiburan, dan asuransi. Catat masing-masing di bagian atas kertas.

2. Catat pengeluaran sepanjang hari

Luangkan waktu setiap hari untuk mencatat pengeluaran. Saat mencatat setiap pengeluaran dalam suatu kategori, hitung total sisa pengeluaran dalam kategori tersebut. Kurangi saja jumlah yang dibelanjakan dari total saat ini dan catat jawabannya.

Jika ingin melacak pengeluaran untuk menentukan berapa banyak yang dibelanjakan, bisa dilakukan dengan menambahkan jumlah yang dikeluarkan ke total pengeluaran.

3. Patuhi batas pengeluaran

Berhenti berbelanja ketika mengetahui bahwa sudah tidaka ada uang tersisa. Ini adalah langkah penting untuk tetap sesuai anggaran. Luangkan juga waktu menjelang akhir bulan untuk menyesuaikan anggaran bulan depan agar sesuai.

Penting untuk diingat bahwa tabungan dan pembayaran hutang harus didahulukan daripada makan di luar dan liburan. Kurangi pengeluaran di beberapa bagian, tetapi pastikan tetap bisa makan setiap hari.

4. Pilih apa yang harus dilakukan dengan uang yang tidak digunakan

Di akhir bulan, biasanya memiliki opsi untuk menggulirkan uang ke kategori bulan berikutnya atau mentransfer uang ke rekening tabungan. Untuk tagihan yang bervariasi seperti tagihan listrik, mungkin ingin menggulirkan saldo ke bulan depan untuk membantu meratakan biaya utilitas setiap bulan.

Sementara untuk barang-barang seperti bahan makanan, mungkin ingin mentransfernya ke tabungan sehingga dapat mengumpulkan dana darurat atau bekerja untuk tujuan lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini