Tol Cigombong-Cibadak Ditargetkan Selesai Pertengahan Tahun Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 320 2367474 tol-cigombong-cibadak-ditargetkan-selesai-pertengahan-tahun-ini-InR5UpLz9z.png Jalan Tol Ciawi-Sukabumi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pengerjaan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi seksi II ruas Cigombong-Cibadak terus dilakukan. Progres tol dengan panjang 11,9 kilometer (Km) sudah mencapai 75,50%.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, ruas tol ini ditargetkan rampung pada pertengahan tahun ini. Diharapkan dengan rampungnya ruas Tol Cigombong-Cibadak bisa mendongkrak perekonomian sekitar.

Baca Juga: Jokowi Tahun Ini Akan Eksekusi Jalan Nasional Sepanjang 33,4 Km di Tulang Bawang

“Nantinya setelah Jalan Tol Ciawi-Sukabumi beroperasi akan semakin mendongkrak iklim usaha serta peningkatan perekonomian di wilayah Bogor, maupun Sukabumi dan sekitarnya,” ujarnya dalam keteranganya, Rabu (24/2/2021).

Waktu perjalanan dari Sukabumi baik Kabupaten maupun Kota mengarah ke Ciawi dan sebaliknya juga dapat memangkas waktu sebelumnya satu sampai dua jam. Sehingga waktu tempuhnya menjadib seperempat hingga setengah jam perjalanan saja.

Baca Juga: Menteri Basuki Mau Perbaiki 38 Jembatan di Pulau Jawa, Dananya dari Mana?

Selain itu, bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Pelabuhan Ratu - Sukabumi, hanya membutuhkan waktu 2,5 jam saja.

“Jalan Tol yang nantinya akan terkoneksi dari Jakarta menuju Kota dan Kabupaten Sukabumi di Provinsi Jawa Barat ini juga terhubung dengan Jalan Tol Jagorawi di sebelah utara,” kata Danang

Sebagai informasi, Jalan Tol Ciawi - Sukabumi yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Trans Jabar Tol sepanjang 54 Km terdiri dari 4 Seksi, yaitu Seksi I Ciawi-Cigombong (15,35 Km) yang sudah beroperasi pada Desember 2018.

Kemudian Seksi II Cigombong-Cibadak (11,90 Km), Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (13,70 Km) dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 Km).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini