Sudah Gajian? Ini 4 Tips Investasi Emas

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 21:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 622 2367593 sudah-gajian-ini-4-tips-investasi-emas-UBr8tDclzu.jpeg Harga emas (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA Harga emas merangkak naik saat resesi akibat pandemi covid-19. Naiknya harga logam mulia itu membuat masyarakat mulai  tertarik investasi emas.

Dikutip dari buku Investasi Emas Batangan untuk Orang Gajian: Khitah Publishing oleh Rieko Mahadana, Jakarta, Minggu (25/2/2021), investasi dalam bentuk emas batangan bagi orang gajian bisa langsung dipraktikkan dengan memanfaatkan gaji yang diterima setiap bulan.

Baca Juga: Begini Tren Investasi Emas di 2021

Berikut ini telah kami rangkum 5 langkah yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan gaji bulanan untuk membeli atau berinvestasi emas batangan.

1. Catat dan Jumlahkan Semua Penghasilan

Catat dan jumlahkan semua penghasilan, baik penghasilan tetap maupun penghasilan tidak tetap jika ada. Penghasilan tidak tetap, misalnya mempunyai pekerjaan sampingan atau membuka warung kelontong di rumah) biasanya jumlahnya fluktuatif alias naik turun setiap bulan. Jika hal ini terjadi, hitunglah rata rata penghasilan tidak tetap itu.

Baca Juga: Ekonomi Diprediksi Membaik, Bagaimana Tren Investasi Emas di 2021?

2. Hitung Jumlah Pengeluaran Setiap Bulan

Satu hal yang perlu dilakukan agar bisa membeli emas batangan adalah mengurangi pos-pos pengeluaran yang tidak begitu penting, misal pos anggaran untuk jalan-jalan. Bahkan, harus tega kepada diri sendiri dengan cara memotong anggaran untuk pos- pos yang tidak perlu, terutama pos-pos anggaran yang terkait dengan gaya hidup.

 

3. Tentukan Jumlah Dana yang Dialokasikan

Tentukan jumlah dana yang akan dialokasikan untuk membeli emas batangan. Dari catatan penghasilan dan pengeluaran setiap bulan, seseorang bisa tahu berapa sebaiknya dana yang disisihkan untuk membeli emas batangan.

Sebaiknya dana yang disisihkan adalah 10 persen dari total penghasilan, syukur bisa lebih dari itu. Dana 10 persen dari total penghasilan ini perlu disisihkan awal bulan saat menerima gaji, bukan pada akhir bulan.

4. Beli Emas Batangan di Tempat Terpercaya

Belilah emas batangan di tempat yang bisa dipercaya. Disarankan membeli emas batangan dari kepingan 5 gram. Jika dana yang disisihkan setiap bulan tidak mencukupi, coba kumpulkan dana tersebut secara rutin hingga jumlahnya mencukupi untuk membeli satu keping emas batangan 5 gram.

Jadi, tidak harus setiap bulan membeli emas batangan. Bagi yang mempunya penghasilan relatif besar seharusnya bisa membeli emas batangan seberat 5 gram setiap dua atau tiga bulan sekali. Namun, bagi yang berpenghasilan tidak terlalu besar, asal punya kemauan yang kuat untuk menabung di depan secara rutin, lima atau enam bulan sekali bisa membeli emas batangan seberat 5 gram adalah langkah yang cukup bijak.

Jika terpaksa setahun sekali bisa membeli emas batangan seberat 5 gram, tentu akan jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini