Ekonomi Diprediksi Membaik, Bagaimana Tren Investasi Emas di 2021?

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2021 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 31 320 2353825 ekonomi-diprediksi-membaik-bagaimana-tren-investasi-emas-di-2021-B3KzHvGNLp.jpg Emas (Shutterstock)

JAKARTA – Tren investasi emas saat ini sedang terpengaruh oleh pandemi Covid-19. Hal ini bisa dilihat dari penurunan harga yang terjadi beberapa waktu belakangan ini.

Perencana Keuangan Andi Nugroho menuturkan, dibandingkan tahun lalu, trend investasi emas sedang mengalami penurunan.

 Baca juga: Setara Rp500 Triliun, Ekspor Sarang Burung Walet Lebih Bernilai dari Emas

“Trend investasi emas awal tahun ini bisa dikatakan cenderung negatif dibandingkan Kuartal III dan IV tahun lalu. Hal itu bisa dilihat dari harga emas yang cenderung turun pada beberapa waktu ke belakang,” jelas Perencana Keuangan Andi Nugroho saat dihubungi Okezone, Minggu (31/1/2021).

Selain itu, Andi juga mengungkapkan penurunan trend ini terjadi karena ekonomi dunia sedang tidak menentu akibat vaksin dan peningkatan kasus orang yang terpapar Covid-19. Beberapa vaksin yang belum bisa digunakan karena masih dalam tahap pengujian dan peningkatan kasus Covid-19 membuat harga emas menjadi melesu.

 Baca juga: Harga Emas Naik Rp2.000, Cek Daftar Harganya

Namun, trend emas akan berangsur membaik ke arah positif jika penurunan kasun Covid-19, khususnya di Indonesia, terjadi.

“Trend emas bisa kembali positif jika penurunan kasus penderita Covid-19 bisa turun dan saya perkirakan bisa terjadi pada pertengahan 2021 nanti. Paling lama trend ini bisa membaik sekitar satu tahun lagi,” kata Andi.

Jika peningkatan kasus Covid-19 masih terus bertambah, tambah Andi, diprediksi tren investasi emas belum bisa bergerak ke arah positif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini