Fakta Direksi dan Dewas BPJS Kesehatan, Ada Ali Ghufron dan Mantan Jubir Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 28 Februari 2021 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 27 320 2369425 fakta-direksi-dan-dewas-bpjs-kesehatan-ada-ali-ghufron-dan-mantan-jubir-covid-19-dcu9U2VbHB.jpg BPJS Kesehatan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Dewan Pengawas (Dewas) dan Direksi BPJS Kesehatan periode 2021-2026. Tak hanya BPJS Kesehatan, Jokowi juga melantik Dewas dan Direksi BPJS Ketenagakerjaan.

Pengangkatan Dewas dan Direksi BPJS Kesehatan masa jabatan 2021-2026 didasarkan pada Keppres No.37P/2021. Sementara itu pengangkatan Dewas dan Direksi BPJS Ketenagakerjaan masa jabatan 2021-2026 didasarkan pada Keppres 38P/2021 .

Ada sejumlah fakta menarik dari pengangkatan Direksi dan Dewas BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang baru. Berikut Okezone merangkumnya pada Minggu (28/2/2021).

1. Pelantikan Senin 22 Februari

Pelantikan Dewas dan Direksi BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan dilakukan pada 22 Februari 2021 lalu. Pelantikan dilakukan di Istana Negara dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Demi Allah saya bersumpah/Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya akan setia kepada Undang-Udnang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan seluruh-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian petikan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Presiden Jokowi dan diikuti oleh Dewas-Direksi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

2. Dewas BPJS Kesehatan

Setidaknya ada 7 nama yang mengisi posisi Dewas BPJS Kesehatan. Tujuh nama tersebut 1 untuk posisi ketua dan 6 sebagai anggota yang berasal dari berbagai unsur dari mulai pemberi kerja hingga pekerja.

Adapun Ketua Dewas BPJS Kesehatan dijabat oleh Achmad Yurianto dari unsur pemerintah. Kemudian untuk anggota ada Regina Maria Wiwieng Handayani (unsur pemerintah), Indra Yana (unsur pekerja), Siruaya Utamawan (unsur pekerja), Iftida Yasar (unsur pemberi kerja), Inda Deryanne Hasman (unsur pemberi kerja) dan Ibnu Naser Arrohimi (unsur tokoh masyarakat).

3. 6 Nama Direksi BPJS Kesehatan

Adapun 6 nama tersebut yakni Direktur Utama yang dijabat oleh Ali Ghufron Mukti. Lalu ada Andi Afdal, Arief Witjaksono Juwono Putro, Edwin Aristiawan, Lily Kresnowati dan Mahlil Ruby yang menjabat sebagai Direktur.

4. Ada 7 Nama yang Dilantik Sebagai Dewas BPJS Ketenagakerjaan

Setidaknya ada 7 nama yang mengisi posisi Dewas BPJS Ketenagakerjaan. Tujuh nama tersebut 1 untuk posisi ketua dan 6 sebagai anggota yang berasal dari berbagai unsur dari mulai pemberi kerja hingga pekerja.

Adapun Ketua Dewas BPJS Kesehatan dijabat oleh Muhammad Zuhri yang berasal dari unsur pemerintah. Kemudian untuk anggota ada Kushari Suprianto (unsur pemerintah), Yayat Syariful Hidayat (unsur pekerja), Agung Nugroho (unsur pekerja), Subchan Gatot (unsur pemberi kerja), Muhamad Adya Warman (unsur pemberi kerja) dan Muhammad Iman Nuril Hidayat Budi Pinuji (unsur tokoh masyarakat).

5. Ada 7 Nama Isi Jajaran Direksi BPJS Ketenagakerjaan

Ada sekitar 7 nama yang mengisi posisi Direksi BPJS Ketenagakerjaan. Tujuh nama tersebut yakni posisi Direktur Utama yang dijabat oleh Anggoro Eko Cahyo.

Kemudian ada Abdur Rahman Irsyadi, Asep Rahmat Swandha, Edwin Michael Ridwan, Pramudya Iriawan Buntoro, Roswita Nilakurnia dan Zainuddin. Keenamnya menjabat sebagai Direktur di BPJS Ketenagakerjaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini