Alasan Jokowi Cabut Perpres Investasi Miras

Dita Angga R, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 320 2370851 alasan-jokowi-cabut-perpres-investasi-miras-s5DyQF21OC.jpg Jokowi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencabut aturan terkait investasi miras Seperti diketahui aturan ini terdapat pada lampiran Peraturan Presiden (Perpres) No. 10/2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Di mana disebutkan persyaratan, untuk penanaman modal baru dapat dilakukan pada provinsi Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Papua dengan memperhatikan budaya dan kearifan setempat.

“Saya putuskan lampiran perpres terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras yang mengandung alkohol, saya nyatakan dicabut,” katanya Selasa (2/3/2021).

Baca Juga: Jokowi Cabut Perpres soal Investasi Miras 

Apa alasan Jokowi?

 

Keputusan ini diambil Jokowi setelah menerima masukan dari berbagai pihak. Mulai dari ormas keagamaan hingga pemerintah daerah.

“Menerima masukan-masukan dari ulama-ulama MUI, NU, Muhammadiyah dan ormas-ormas lainnya serta tokoh-tokoh agama yang lain. Dan juga masukan-masukan dari provinsi dan daerah,” pungkasnya.

Lampiran III Perpres No. 10/2021 menyebutkan investasi miras hanya diperbolehkan di Provinsi Bali, NTT, Sulawesi Utara, dan Provinsi Papua dengan memperhatikan budaya dan kearifan setempat.

Tapi penamanan modal untuk industri di luar daerah-daerah tersebut dapat dilakukan bila ditetapkan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal berdasarlan usulan gubernur.

Hal tersebut termuat dalam Lampiran III angka 31 dan angka 32 huruf a dan b.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini