Erick Thohir Kumpulkan Mantan Menteri BUMN, dari Tanri Abeng hingga Rini Soemarno

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 320 2371003 erick-thohir-kumpulkan-mantan-menteri-bumn-dari-tanri-abeng-hingga-rini-soemarno-iqxOCo93Bu.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: IG Erick Thohir)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tengah mengadakan pertemuan dengan sejumlah mantan Menteri BUMN. Pertemuan itu dilakukan di Gedung Kementerian BUMN.

Melalui akun sosial media @erickthohir, terlihat mantan Menteri BUMN yang turut hadir adalah Rini Soemarno, Laksamana Sukardi, Sugiharto, Tanri Abeng, Mustafa Abubakar. Erick pun membagikan momentum foto bersama mereka.

 Baca juga: Erick Thohir Ungkap Alasan Pentingnya Holding BUMN Ultra Mikro

"Reuni bersama para mantan Menteri BUMN di Kementerian BUMN, Pak Laksamana Sukardi, Pak Sugiharto, Ibu Rini Soemarno, Pak Tanri Abeng, Pak Mustafa Abubakar. Walau hanya sebentar, diskusinya tetap berkesan, sehat-sehat selalu Bapak Ibu," tulis dia dikutip Selasa (2/3/2021).

Laksamana Sukardi pernah menjabat Menteri BUMN pada Kabinet Gotong Royong yang dipimpin Presiden Megawati Sukarnoputri dan Wakil Presiden Hamzah Haz.

 Baca juga: Jarang Emosi, Hal Ini Bisa Buat Erick Thohir Marah-Marah

Sebelum menjadi politisi, dia merupakan salah satu ekonom dan bankir milik Bank Lippo dan LippoGroup. Dia juga dikenal juga pernah bergabung sebagai politisi dari Partai Demokrasi Indonesia dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sugiharto menjadi Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Bersatu. Dia menjabat dari Oktober 2004 hingga Mei 2007. Sebelum digantikan Sofyan Djalil dalam perombakan kabinet yang dilaksanakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sementara Rini Soemarno pernah menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada Kabinet Gotong Royong tahun 2001-2004. Pada saat yang sama, Rini juga menjadi presiden Direktur pada PT kanzen Motor Indonesia. Setelah itu dia diangkat sebagai Menteri BUMN pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo 2014-2019.

Tanri Abeng ditunjuk oleh Presiden Soeharto sebagai Menteri Negara Pendayagunaan BUMN dan dilanjutkan dengan jabatan yang sama di Kabinet Reformasi Pembangunan pimpinan Presiden Habibie. Sedangkan Mustafa Abubakar merupakan mantan Menteri BUMN di Kabinet Bersatu pada periode 2009-2014 Presiden SBY.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini