8 Kesalahan Dekorasi Ruang Tamu yang Harus Dihindari

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 470 2370903 8-kesalahan-dekorasi-ruang-tamu-yang-harus-dihindari-l31qYNlGnU.jpg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTARuang tamu merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah rumah. Sebab, ruang ini menjadi tempat pertemuan keluarga ataupun kerabat. Oleh karena itu, banyak orang mendesain dan mendekorasi ruang keluarga senyaman mungkin.

Namun, nyatanya masih banyak yang kurang tepat dalam mendesain dan mendekorasi ruang tamu. Beberapa kesalahan umum tersebut bahkan juga sering dilakukan oleh para desainer.

Dilansir dari House Beautiful, Rabu (3/3/2021), berikut ini para desainer interior mengungkapkan beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam mendekorasi ruang tamu.

Baca Juga: 5 Tips Menata Ruang Makan Sempit Jadi Lega

1. Menempatkan sofa di dinding

Desainer Interior Sarah Vaile dari Sarah Whit Interior Design mengatakan, penempatan sofa menempel dengan dinding adalah sebuah kesalahan. Meskipun untuk ruangan kecil hal ini mungkin diperlukan, akan lebih baik membersi ruang antara sofa dan dinding. Hal ini untuk membuat ruangan tampak lebih besar.

2. Menggantung gambar atau foto pada ketinggian yang salah

Memajang gambar atau foto pada dinding memang akan memberi estetika. Namun, jika diletakkan pada ketinggian yang salah justru tidak tepat. Lalu seberapa tinggi harusnya foto digantung atau dipajang di dinding? Desainer Vern Yip mengatakan, ketinggian yang pas adalah 60 inci dari lantai ke tengah gambar.

Baca Juga: 10 Cara Sulap Ruang Tamu Kecil Terasa Lebih Besar

3. Tidak memiliki sumber cahaya yang cukup

Pencahayaan merupakan hal penting yang harus diperhatikan dengan benar. Namun kesalahan umum yang sering dilakukan adalah tidak menyiapkan sumber cahaya yang cukup. Miliki berbagai sumber cahaya, termasuk yang tersembunyi, lampu gantung, dan banyak lagi.

ruang tam

4. Tidak memiliki cukup kursi untuk tamu

Sebagai ruang untuk berkumpul, maka harusnya ruang tamu memiliki cukup kursi. Desainer CeCe Barfield Thompson dari CeCe Barfield Inc. mengatakan, penting untuk memastikan tempat duduk memfasilitasi percakapan.

5. Meremehkan kekuatan bantal

Dalam kasus ini, Desainer Vaile mengatakan semakin banyak bantal di ruang keluarga akan semakin baik. Dengan begitu banyak pilihan bantal di pasaran, menjadi kesempatan besar untuk mengekspresikan gaya desain.

6. Tidak memiliki tirai yang menyentuh lantai

Ini tampak seperti detail kecil, tapi cukup penting. Jika gorden tidak dipasang pada ketinggian yang tepat, itu dapat membuat ruangan terasa lebih kecil dari yang sebenarnya. Maka pilih ukuran tirai yang bisa menyentuh lantai.

7. Hanya berpikir tentang simetris

Sebagian orang mungkin berpikir sesuatu yang simetris akan memperindah ruangan. Namun, tidak ada salahnya menjadi kreatif dengan memikirkan bentuk-bentuk yang tidak simetris. Seperti dikatakan desainer Kate Coughli, menambahkan beberapa unsur asimetris dapat memberi keunikan tersendiri pada ruang tamu.

8. Mengganti semua furnitur sekaligus

Menyegarkan ruang tamu tidak berarti harus membeli semua furnitur baru sekaligus. Sebagai gantinya, tambahkan atau ganti furnitur secara bertahap. Desainer Jeffrey Bilhuber menyarankan untuk membeli satu perabot yang bagus setiap tahun, dan membiarkannya berubah secara bertahap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini