Gudang Garam Suntik Modal Pembangunan Bandara Kediri Rp1 Triliun

Rabu 03 Maret 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 278 2371539 gudang-garam-suntik-modal-pembangunan-bandara-kediri-rp1-triliun-lTlryDtnNk.jpg Gudang Garam Tambah Modal Anak Usahanya. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - PT Gudang Garam Tbk ( GGRM) menambah modal bisnis anak usaha, PT Surya Dhoho Investama (SDI) senilai Rp1 triliun. Suntikan modal kepada Surya Dhoho Investama dilakukan untuk mendukung kelanjutan proses pembangunan bandar udara terpadu di Kediri, Jawa Timur.

Surya Dhoho Investama akan melepas sebanyak 1 juta lembar saham baru. Saham baru itu akan diserap semua oleh GGRM. Sehingga modal disetor Surya Dhoho Investama menjadi Rp5 triliun dari sebelumnya sebesar Rp4 triliun. Surya Dhoho Investama sendiri merupakan anak usaha Gudang Garam selaku pengelola bandar udara di Kediri.

Baca Juga: Cucu Usaha Gudang Garam Garap Proyek Tol, Modalnya Wow!

Selain membangun bandara Dhoho Kediri, PT Gudang Garam Tbk juga membentuk cucu usaha yang bergerak di bidang jalan tol bernama PT Surya Kertaagung Toll.

Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan Gudang Garam, Heru Budiman mengatakan, PT Surya Kertaagung Toll didirikan di bawah PT Surya Kerta Agung yang merupakan anak usaha perseroan.

Baca Juga: Cukai Rokok Naik 12,5%, Saham GGRM hingga HMSP Anjlok Hampir 7%

“Anak perusahaan perseroan PT Surya Kerta Agung telah mendirikan anak perusahaan baru dengan nama PT Surya Kertaagung Toll (PT SKT), berkedudukan di Kediri,” ujarnya, dikutip dari Harian Neraca, Rabu (3/3/2021).

GGRM memiliki sebanyak 499,999 saham atau sebesar 99,9% di PT Surya Kerta Agung yang mendirikan PT SKT. Dilihat dari struktur modal, PT SKT memiliki modal dasar senilai Rp1,2 triliun. Modal ditempatkan dan disetor tercatat senilai Rp300 miliar atau sebanyak 300 ribu saham dengan nilai nominal Rp1 juta per saham.

Heru menjelaskan bahwa pendirian PT SKT adalah untuk memperluas bidang usaha perseroan di bidang konstruksi seperti peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan jalan, jalan raya dan tol, serta jembatan dan jalan layang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini