Perbanyak UMKM Eksportir, RI Bakal Bentuk Badan Khusus

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 04 Maret 2021 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 320 2372264 perbanyak-umkm-eksportir-ri-bakal-bentuk-badan-khusus-jmWrOcJNSl.jpg Kemendag Buat Dewan Penunjang Ekspor untuk UMKM. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan bahwa pihaknya akan membentuk Dewan Penunjang Ekspor untuk mengembangkan produk-produk nasional ke pasar luar negeri. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar UMKM Indonesia memiliki badan penunjang ekspor tersendiri.

Dewan Penunjang Ekspor akan dikembangkan dari Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional yang sudah ada di dalam Kemendag.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Saya Yakin Bisa Menambah 6 Juta UMKM Digital

"Sebenarnya kita sudah Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, yang kita bisa kembangkan untuk menjadi Dewan Penunjang Ekspor tersebut sebagai badan yang bisa mempelajari pasar-pasar tertentu," kata Mendag Lutfi dalam konferensi pers Pembukaan Rapat Kerja Kemendag 2021 pada Kamis (4/3/2021).

Terkait cara kerja Dewan Penunjang Ekspor ini akan menjadi bagian dari rapat kerja Kemendag. Salah satunya yaitu mempelajari dan mengeksekusi pasar-pasar tertentu menjadi target pasar produk dalam negeri.

Baca Juga: Jokowi: Kita Perlu Lebih Banyak UMKM Eksportir

Dia menjelaskan, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional saat ini telah menggarap dua industri besar di Indonesia yaitu Indonesia islamic fashion dan industri halal. Menurutnya 2 sektor ini memiliki pasar yang besar.

"Ini dua pasar besar, kalau kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, bukan hal mustahil kita bisa menguasai pasar regional bahkan mendunia. Hal itu akan jadi penopang Dewan Penunjang Ekspor di bawah Kemendag, yang mungkin nanti kita akan cari bentuknya bersama dengan Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional.," tandasnya

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini