Erick Thohir hingga Prabowo Ditawari Kapal Selam Jerman

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 320 2372963 erick-thohir-hingga-prabowo-ditawari-kapal-selam-jerman-ehdA6ETkY5.jpg RI Ditawari Kapal Selam Jerman. (Foto: Okezone.com/Sputnik)

JAKARTA - Produsen kapal selam asal Jerman, Shipbuilder Thyssen-Krupp Marine Systems (TKMS) tiba di Jakarta pada Kamis, 4 Maret 2021. Kedatangan delegasi tersebut untuk menawarkan akuisisi kapal selam Diesel-Listrik (SSK) Tipe 214 kepada Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL).

Dikutip dari laman situs Janes, pihak TKMS juga dijadwalkan bertemu dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Baca Juga: Menakar Kekuatan BUMN Perikanan jika Di-Merger Erick Thohir

"Delegasi yang diketuai oleh Senior Vice President TKMS yang bertanggung jawab di wilayah timur ini menyelesaikan prosedur pada 2 Maret (2021) dan memulai berdiskusi dengan perwakilan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Kementerian Pertahanan sehari kemudian," tulis Janes dikutip Jumat (5/3/2021).

Hal-hal yang dibahas TKMS dan otoritas Indonesia terkait persyaratan operasional TNI-AL, pengaturan pembagian kerja yang ditawarkan TKMS kepada industri kapal lokal, dukungan infrastruktur, dan persyaratan pembiayaan jika program pengadaan kapal tersebut terwujud.

Baca Juga: Duh! Banyak BUMN Tak Untungkan Negara

Selain Jakarta, rombongan TKMS juga akan mengunjungi fasilitas produksi kapal selam PT PAL di Surabaya, Jawa Timur.

SSK Tipe 214 dari TKMS adalah salah satu dari beberapa program yang baru-baru ini dimasukkan dalam 'Buku Biru' Kementerian Pertahanan. Daftar usulan pengadaan yang telah atau sedang diteruskan ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk persetujuan pendanaan.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini