Erick Thohir Klaim Bank BUMN Sudah Turunkan Suku Bunga Kredit, Swasta Kapan?

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Sabtu 06 Maret 2021 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 06 320 2373343 erick-thohir-klaim-bank-bumn-sudah-turunkan-suku-bunga-kredit-swasta-kapan-Lb15q5rUdb.png Erick Thohir (Foto: Instagram/@erickthohir)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta penurunan suku bunga kredit perbankan tidak saja dilakukan Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara). Penurunan suku bunga serupa juga harus dilakukan bank swasta.

Erick dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah berdiskusi soal itu. Dia menyarankan agar OJK mendorong agar bank swasta menurunkan suku bunga kreditnya.

"Saya baru lihat juga Himbara sudah turunkan suku bunga. Tapi tadi saya bilang sama OJK tidak hanya Himbara, bank swasta juga mesti ikut turun dong, kalau nggak nanti berat sebelah," ujar Erick dikutip Sabtu (6/3/2021).

Baca Juga: LPS Pantau Penurunan Suku Bunga Kredit 

Penurunan suku sendiri dilakukan usai Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) melakukan pemangkasan suku bunga acuan BI-7DRRR menjadi 3,50 persen pada Februari 2021.

Mantan bos Inter Milan itu mencatat, langkah restrukturisasi tersebut bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Paling tidak Himbara kalau untung, dividennya balik ke negara. Tadi saya minta ke OJK kalau boleh tidak hanya Himbara tapi bank swasta juga pada saat ini harus bisa nurunin bunga dan bantu restrukturisasi supaya impact-nya lebih besar," tandasnya.

Dalam OJK, suku bunga kredit perbankan tercatat turun gradual sejak tahun lalu. Suku bunga kredit modal kerja bank umum berada per akhir tahun lalu berada pada 9,21%, investasi berada pada 8,88% dan konsumsi berada pada 10,97%.

Seiring dengan hal tersebut, margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) perbankan juga menunjukkan tren penuruan. NIM bank umum berada pada 4,45% pada akhir tahun lalu, turun dari 2019 yang masih tercatat sebesar 4,91%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini