Ini 3 Peluang Bisnis Berawal dari Fotografi

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Minggu 07 Maret 2021 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 07 320 2373667 ini-3-peluang-bisnis-berawal-dari-fotografi-12SvCVsubW.jpg Fotografi (Reuters)

JAKARTA – Bisnis yang berasal dari kesenangan pribadi atau hobi biasanya bisa dilakukan dengan senang hati, seperti fotografi. Menjadi fotografer pun harus jeli membuka peluang baru dalam berbisni

Ketika pandai melihat berbagai peluang usaha, sayap bisnis pun akan semakin lebar dan roda bisnis akan terus berputar mengisi sendi-sendi bisnis kita secara otomatis. Misalnya, dengan banyaknya fotografer baru yang setiap hari bermunculan, kita dapat menyediakan fasilitas-fasilitas untuk mereka.

 Baca juga: 4 Tips Memulai Usaha Sampingan agar Cuan

Dikutip dari buku Tips Praktis Bisnis Fotografi, Jakarta, Minggu (7/3/2021), berikut ini dipaparkan 3 peluang bisnis dari usaha fotografi:

1. Toko Fotografi Online (Toko Online)

Membuka toko sendiri secara fisik sudah pasti membutuhkan modal yang cukup besar. Namun zaman sudah berubah, kini kita dapat membuka toko virtual atau online. Toko online sangat murah meriah ketimbang harus menyewa tempat atau menggunakan garasi rumah untuk membuka toko.

 Baca juga: 5 Hobi yang Bisa Dijadikan Mesin Uang

Dengan bermodal Rp500.000,00, kita sudah dapat berjualan secara online dan dapat dilihat oleh jutaan ribu pengguna Internet di seluruh dunia. Kebanyakan masyarakat juga sudah mulai bertransaksi melalui dunia maya ini. Tak perlu keluar rumah, barang yang diinginkan segera sampai di tangan.

2. Penyelia Penyewa Alat Fotografi

Di beberapa kota besar di Indonesia, sedang menjamur jasa penyewaan perlengkapan fotografi. Kita dapat menyewakan barang-barang yang kita punya namun selama tidak digunakan dengan maksimal. Tentu saja sebelumnya kita harus membangun sistem penyewaan yang baik agar barang-barang yang kita sewakan tidak jatuh pada orang yang tidak bertanggung jawab.

Barang-barang yang dapat kita sewakan, di antaranya lensa, kamera, lighting, studio, dan alat- alat fotografi lainnya. Mengemasnya menjadi paket-paket yang menarik, biasanya akan membuat para fotografer tertarik untuk menyewanya ketimbang mesti mengeluarkan kocek yang cukup besar untuk membeli alat-alat tersebut.

3. Cuci Cetak Foto dan Album

Celah bisnis membuka cuci cetak foto serta menyediakan berbagai model album yang menarik memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, apalagi dengan harga mesin cetak melambung tinggi. Namun apabila kita memiliki modal, tidak ada salahnya yang mencoba bisnis cuci cetak.

Keuntungan yang didapat tidaklah sedikit karena para fotografer sangat membutuhkan jasa cuci cetak untuk memenuhi keinginan konsumennya. Untuk yang satu ini, kita juga dapat mengkreasikan beberapa paket album menarik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini