Pentingnya Perencanaan Dana Pensiun agar di Masa Tua Tak Bingung

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 06:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 622 2374339 pentingnya-perencanaan-dana-pensiun-agar-di-masa-tua-tak-bingung-bG2rAKoZ8B.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA Pensiun dari pekerjaan merupakan keputusan karier terpenting yang harus dipertimbangkan secara matang. Tentunya setiap orang menginginkan masa pensiun yang sejahtera dan terjamin.

Baca Juga: Hidup Tenang di Masa Pensiun, Persiapkan 7 Hal Berikut Ini

Maka itu, melakukan perencanaan dan persiapan menuju pensiun merupakan hal penting bagi setiap pekerja. Namun masih jarang orang yang tahu apa itu perencanaan pensiun dan untuk apa hal tersebut dilakukan.

Baca Juga: Berencana Pensiun? Jangan Lupa Siapkan Rencana Keuangan

Melansir dari Investopedia, Selasa (9/3/2021) perencanaan pensiun mengacu pada strategi keuangan seperti menabung, investasi. Nantinya akan dimaksudkan untuk bertahan hidup selama masa pensiun.

 

Perencanaan pensiun idealnya proses seumur hidup. Bisa memulainya kapan saja, tetapi akan optimal jika memasukkannya ke dalam perencanaan keuangan sejak awal. Itulah cara terbaik untuk memastikan masa pensiun yang aman, dan terjamin.

Perencanaan yang dilakukan seseorang untuk mempersiapkan kehidupan setelah pekerjaan berakhir, tidak hanya secara finansial tetapi dalam semua aspek kehidupan. Aspek non-keuangan termasuk pilihan gaya hidup, seperti bagaimana menghabiskan waktu di masa pensiun, tempat tinggal di hari tua, dan lainnya.

Dengan adanya perencanaan dan tindakannya, pada saat mencapai usia pensiun, secara langsung tidak lagi memikirkan keuangan menjelang hari tua. Justru sebaliknya, akan menikmati tabungan yang selama ini tersedia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini