Jual Saham Tol Rp824 Miliar, Waskita: Peluang Investasi RI Tak Terhitung

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 320 2374770 jual-saham-tol-rp824-miliar-waskita-peluang-investasi-ri-tak-terhitung-KQIQ3Myn89.jpeg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk sepakat untuk melakukan divestasi 30% saham di Ruas Tol Medan – Kualanamu - Tebing Tinggi (MKTT). Divestasi yang dilakukan kepada investor Road King Expressway (RKE) melalui anak perusahaannya Kings Ring Limmited (KRL) memiliki investasi sebesar Rp824 Miliar.

Direktur Business Development & QHSE PT Waskita Karya Fery Hendriyanto mengatakan, kesepakatan ini merupakan peluang awal dari semua investasi di Indonesia. Secara khusus adalah dalam berinvestasi di bidang infrastruktur jalan tol.

Baca juga: Tol Cinere-Serpong Seksi I Ditargetkan Beroperasi April 2021

“Penandatanganan CSPA ini hanyalah awal dari semua peluang investasi di Indonesia,” ujarnya dalam keterangannya kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (9/3/2021).

Menurut Ferry, peluang investasi yang ada di Indonesia jumlahnya cukup besar. Bahkan tak hanya pada proyek infrastruktur seperti jalan tol, akan tetapi sektor lainnya juga cukup besar.

Baca juga: Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Masih Gratis, Sampai Kapan?

“Transaksi ini menunjukkan peluang investasi yang tak terhitung jumlahnya di Indonesia, tidak hanya proyek di jalan tol tetapi juga di sektor lain. Kami berharap proses divestasi ini berjalan dengan lancar sehingga sinergi kerjasama antara Waskita Group dan Road King Expressway dapat berjalan lancar,” kata Fery.

Sebagai informasi, RKE merupakan salah satu investor asal Hong Kong yang berpengalaman sebagai investor jalan tol lebih dari 20 tahun di China. Melalui anak perusahaannya Kings Ring Limited (KRL), perusahaan yang berdomisili di Hong Kong sepakat mengambil alih seluruh saham WTR di JMKT sebesar 30% dengan transaksi senilai Rp824 Miliar.

Nantinya transaksi tersebut yang akan dibayarkan secara bertahap. Tepatnya setelah ditandatanganinya Akta Jual Beli atau Sale Purchase Agreement apabila seluruh dokumen dan legalitas telah dilengkapi. Adapun ruas Medan – Kualanamo – Tebing Tinggi ini merupakan jalan tol yang terletak di Sumatera Utara. Ruas tol ini jyga menjadi bagian dari jalan tol Trans Sumatera.

Ruas ini memiliki panjang 61,7 Km yang telah beroperasi penuh sejak tahun 2016. Keberadaan ruas tol ini sangat penting untuk menghubungkan kota Medan dan daerah sekitarnya, khususnya ke Bandara Kualanamu dan wilayah Tebing Tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini