Share

Ada Stasiun Pengisian Mobil Listrik di Rest Area, Tarif Tol Naik?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 320 2376875 ada-stasiun-pengisian-mobil-listrik-di-rest-area-tarif-tol-naik-3Sk7ExbB4T.jpg Jalan tol (Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah belum ada perintah untuk menyediakan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ( SPKLU) di tempat istirahat (rest area) jalan tol. Meskipun sudah ada beberapa ruas tol yang dioperasikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang menyediakannya.

Pelaksana Harian (Plh) Anggota BPJT Unsur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mahbullah Nurdin mengatakan belum ada rencana untuk memasukan SPKLU ke dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada jalan tol. Mengingat, penyediaan SPKLU juga tidak ada di dalam Peraturan Menteri (Permen) PUPR No.10 Tahun 2014 dan Permen PUPR No 12 Tahun 2018.

 Baca juga: Beroperasi Hari Ini, Tol Medan-Binjai Seksi I Masih Gratis

Adapun SPM ini sendiri menjadi persyaratan bagi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mengajukan penyesuaian tarif. Jika SPM tidak terpenuhi, maka penyesuaian tarif belum bisa dilakukan.

“Rasanya belum dimasukan ke dalam SPM, karena belum ada dalam Peraturan Menteri (Permen) SPM,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (12/3/2021).

 Baca juga: Jalan Tol Banda Aceh-Sigli Seksi 3 Siap Dioperasikan

Menurut Nurdin, penyediaan SPKLU ini merupakan inisiatif dari BUJT yang berkaitan dengan bisnis di rest area. Sementara itu, BPJT tidak memiliki kewenangan untuk mengatur bisnis dari BUJT tersebut.

“Itu inisiatif BUJT saja. Belum ada himbauan atau perintah. Dari kita enggak ada (aturan) itu urusan bisnis BUJT di rest area enggak kita atur. BPJT enggak ikut ngatur bisnisnya,” jelasnya.

Sebelumnya, PT Jasa Marga melalui anak usahanya yakni PT Jasamarga Related Business (JMRB) menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah rest area jalan tol yang dikelolanya.

Saat ini, total ada empat SPKLU yang terdapat di rest area yang dikelola oleh PT JMRB. Keempatnya yakni di Rest Area KM 207 A Ruas Palikanci, Rest Area KM 379 A Ruas Batang-Semarang, serta Rest Area KM 519 A dan KM 519 B Ruas Solo-Ngawi.

Direktur Bisnis Komersial PT JMRB Imad Zaky Mubarak mengatakan penyediaan SPKLU ini dalam rangka untuk mendukung percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Apalagi, kebijakan ini juga diatur dalam Peraturan Presiden nomor 5 tahun 2019.

Tersedianya SPKLU di rest area merupakan bentuk dari komitmen perseroan untuk memaksimalkan pelayanan bagi pengguna jalan tol, terutama pengguna kendaraan listrik. Sebelumnya, PT JMRB juga telah melakukan digitalisasi sistem pembayaran di rest area, sehingga memungkinkan pengunjung untuk melakukan transaksi non-tunai.

“Penyediaan SPKLU di rest area bertujuan untuk menyiapkan sarana guna mendukung implementasi Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan,” ujarnya beberapa waktu lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini