5 Fakta Perusahaan Jepang yang Berhasil Dirayu

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 14 Maret 2021 05:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 13 320 2377216 5-fakta-perusahaan-jepang-yang-berhasil-dirayu-m495ofh81j.jpeg Minat Investasi Perusahaan Jepang di Indonesia. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Jepang pada 10-11 Maret.

Tak hanya bertemu dengan pelaku industri otomotif, Menperin juga melakukan pertemuan dengan perusahaan industri petrokimia Sojitz Corporation guna mendukung pengembangan industri methanol di Indonesia.

Maka itu, berikut fakta terkait daftar perusahaan Jepang yang berhasil dirayu investasi yang telah dirangkum oleh Okezone, Minggu (14/3/2021):

1. RI Bakal Kembangkan Industri Methanol

Hal tersebut berangkat dari kebutuhan methanol yang semakin meningkat, karena industri methanol memegang peranan yang sangat penting bagi pengembangan industri di hilirnya.

"Mereka memiliki ketertarikan untuk berpartisipasi dalam proyek methanol dan ammonia di Kawasan Industri Teluk Bintuni, Papua Barat,โ€ kata Agus dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga:ย Sojitz Bawa Duit Rp71,5 Triliun untuk Teluk Bintuni

2. Industri Ini Bakal Dibangun di Teluk Bintuni

Proyek Teluk Bintuni sendiri, akan menjadi kawasan industri yang berbasis petrokimia terbesar dengan luas sekitar 2.000 Hektare.

โ€œSojitz sangat tertarik untuk berinvestasi di sana, dan kami akan membahasnya lebih lanjut pada kunjungan selanjutnya di bulan Mei mendatang,โ€ tuturnya.

Agus menambahkan pembicaraan mengenai investasi di Teluk Bintuni akan dilanjutkan pada Mei mendatang dimana foksu utamanya pada bidang petro kimia.

Baca Juga:ย Pelaku Usaha Lokal Diminta Gercep Gaet Investor Global

3. RI Juga Bakal Bangun Pabrik Produsen Sepatu Jepang

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengatakan bahwa salah satu produsen sepatu Jepang yakni ASICS akan merelokasi pabriknya yang ada di China ke Indonesia. Hal ini disampaikan Agus setelah dirinya bertemu langsung dengan perusahaan tersebut di Jepang.

"Mereka punya beberapa fasilitas di China, dan semua fasilitas itu ditutup kecuali satu, dan akan dipindahkannya ke Indonesia," Agus dalam Konferensi Persnya.

4. Pabrik Sudah Ada di Jakarta

Agus menjelaskan bahwa perusahaan sepatu tersebut saat ini hanya memiliki satu pabrik di Jakarta. Rencananya mereka akan membangun 3 pabrik di tiga tempat.

"Fasilitas pabrik ASICS di Cirebon dan Tegal akan mulai produksi pada Januari 2022. Sementara fasilitas baru mereka di Pemalang akan mulai produksi pada Maret 2023." jelasnya.

5. Bakal di Ekspor ke Amerika Serikat hingga Jepang

Agus menambahkan, kedepannya pabrik yang akan dibangun tersebut nantinya akan di ekspor berbagai negara mulai dari Amerika hingga Jepang.

"hampir 90% produk ASICS yang diproduksi di Indonesia diekspor. Berarti itu menandakan bahwa industri-industri kita ini, sudah bisa menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi," tandasnya,

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini