Kisah Zhong Shanshan, Pernah Putus Sekolah hingga Jadi Orang Terkaya di Asia

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 13 Maret 2021 18:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 13 455 2377283 kisah-zhong-shanshan-pernah-putus-sekolah-hingga-jadi-orang-terkaya-di-asia-cDgXjxTBc6.jpg Zhong Shanshan Jadi Orang Terkaya Asia. (Foto: Okezone.com/Rex Features)

JAKARTA - Zhong Shanshan dinobatkan sebagai orang terkaya di Asia. Bos perusahaan air minum, Nongfu, menggeser jajaran elit orang terkaya di Asia, dengan harta kekayaan bersih sebesar USD84,7 juta.

Besarnya harta Zhong Shanshan. mengalahkan kekayaan bersih orang terkaya kedua di Asia, Mukesh Ambani. Shanshan pun membuat sejarah tahun ini sebagai orang pertama dari China yang muncul di Daftar Sepuluh Orang Terkaya Global versi Huran Report.

Dirinya menduduki peringkat ke-7 orang terkaya di dunia. Perusahaannya pun berjejer dengan perusahaan hebat dunia seperti Google. Demikian dilansir dari therichest, Sabtu (13/3/2021). 

Baca Juga: Sejarah! Untuk Pertama Kalinya Kekayaan Warren Buffett Tembus Rp1.430 Triliun

Shanshan juga memiliki usaha bisnis kedua sebagai Ketua Perusahaan Farmasi Biologi Beijing Wantai (sebuah perusahaan yang bertanggung jawab atas fase pertama vaksin semprotan hidung). Sebagian besar pendapatannya dialokasikan dari 85% sahamnya di Noufu Springs.

Meski demikian, perjalanan Shanshan menuju kesuksesan tidak selalu mulus. Akibat Revolusi Kebudayaan China 1966, dirinya pernah putus Sekolah Dasar pada usia 12 tahun.

Baca Juga: Sri Mulyani Terpaksa Ganti Orang Terkaya di RI, Bukan Lagi Isa tapi Rionald Silaban

Setelah hampir sepuluh tahun bekerja di bidang konstruksi, konglomerat bisnis itu mendapatkan pertunjukan berita di tahun 80-an di Zhejiang Daily.

Kariernya mendominasi pasar botol air China dimulai pada 1997, ketika dia mendirikan Nongfu Springs.

Perusahaan ini tidak hanya menjual top of the line water, tetapi juga memproduksi beberapa produk teh dan minuman buah yang paling disukai di China. Perusahaannya memegang seperempat pasar minuman.

Kini Shanshan telah tinggal di salah satu kota terkaya di dunia, Hangzhou. Menurut CNN, 32 miliarder tinggal di ibu kota Hangzhou atau lebih dari Paris dan San Francisco.

Shanshan memiliki sebuah apartemen di distrik Xihu. Berbatasan dengan Danau Barat yang luas, Xihu menggabungkan kemewahan glamor masyarakat China kelas atas dengan suasana zen yang tenang. (fbn)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini