Tahun Politik, Menteri PUPR Tidak Ingin Wariskan Proyek Mangkrak

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 05:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 320 2378077 tahun-politik-menteri-pupr-tidak-ingin-wariskan-proyek-mangkrak-s4lHANRPdw.jpg Menteri PUPR dan Presiden Jokowi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan melalui fokus pembangunan infrastruktur tahun 2022 yakni Optimalisasi, Pemeliharaan, Operasi, dan Rehabilitasi atau OPOR maka semua pembangunan infrastruktur baru harus sangat selektif, kecuali yang menggunakan pinjaman.

Optimalisasi ditujukan untuk menuntaskan dan memberikan manfaat dari infrastruktur yang telah terbangun. Sedangkan Pemeliharaan ditujukan untuk menjamin keberlangsungan fungsi dari infrastruktur agar tetap beroperasi sehingga kualitas layanannya tidak terganggu.

Baca Juga: Sentilan Jokowi soal Proyek Mangkrak, Ini 4 Faktanya 

Untuk itu, Basuki tidak ingin meninggalkan isu dan proyek pembangunan infrastruktur yang mangkrak kepada kabinet pemerintahan yang akan datang.

"Bukan berarti pembangunan dilarang, tapi pembangunan baru harus selektif dan harus bisa diselesaikan pada 2024. Minimal progres pembangunan tinggal sedikit lagi selesai dan tidak ada yang mangkrak di 2024," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat membuka Konsultasi Regional Kementerian PUPR tahun 2021.

Basuki Hadimuljono juga mendorong Kementerian PUPR untuk menyiapkan desain-desain pembangunan infrastruktur berkualitas bagi kabinet pemerintahan yang akan datang.

"Desain-desain pembangunan infrastruktur kita siapkan. Namun jika desainnya tidak bisa dibangun untuk tahun 2023 maka diwariskan bagi kabinet yang akan datang dengan desain yang lebih baik," ujarnya.

Baca Selengkapnya: Cita-Cita Basuki Hadimuljono: Tidak Ingin Wariskan Proyek Mangkrak

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini