RI Impor Garam hingga Daging, Slogan Benci Produk Asing Dipertanyakan

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 320 2378575 ri-impor-garam-hingga-daging-slogan-benci-produk-asing-dipertanyakan-7RntsGqCcd.jpg RI Impor Beras hingga Garam. (Foto: Okezone.com/Pelindo I)

JAKARTA - Pemerintah berencana melakukan impor seperti beras, daging, pipa hingga garam. Di mana impor daging untuk memenuhi kebutuhan daging saat lebaran nanti.

Menanggapi hal tersebut, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menyebut dengan adanya impor tersebut pihaknya menyayangkan pilihan kata benci. Karena kata benci Itu sangat tidak tepat.

Baca Juga: Kepala BKPM Kaget Impor Aspal RI Capai Rp50 Triliun

"Jadi sesungguhnya tidak ada satu negara pun yang bebas dari barang impor. Lalu tidak ada satupun negara yang bisa benci produk asing. Apalagi di zaman global value chain sekarang ini," ujar dia kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (16/3/2021).

Kemudian, kata dia, garam hanya satu contoh saja bagaimana Indonesia belum bisa lepas dari produk impor. Dan memang tidak akan pernah 100% pemerintah tidak melakukan impor.

Baca Juga: Jelang Puasa, Kedelai hingga Bawang Putih Impor Bakal Banjiri Pasar RI

"Justru kalaupun kita misalnya memilih untuk tidak melakukan impor sama sekali, justru itu harus dipertanyakan karena bisa dipastikan hal itu akan merugikan perekonomian kita sesungguhnya," ungkap dia.

Dia juga menjelaskan seharusnya pemerintah menggunakan kata lebih mencintai dan memilih produk dalam negeri. Misalnya apabila ada produk dalam negeri kenapa beli produk impor.

"Namun kalau tidak ada produk dalam negeri tidak harus benci produk asing," tandas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggaungkan cinta produk dalam negeri. Cinta produk dalam negeri didukung dengan program Bangga Buatan Indonesia. Jokowi pun menggaungkan benci produk luar negeri atau produk asing.

Langkah ini perlu digaungkan terus menerus agar masyarakat Indonesia cinta dengan produk dalam negeri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini