Ambisi Masuk 10 Bank Syariah Terbaik Dunia, BSI Kuatkan Kapitalisasi Pasar

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 17 Maret 2021 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 278 2379169 ambisi-masuk-10-bank-syariah-terbaik-dunia-bsi-kuatkan-kapitalisasi-pasar-pYrAAbeFnn.jpg Syariah (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) akan masuk 10 besar sebagai bank syariah terbaik dunia pada 2025. Target itu akan dilakukan dengan memperkuat kapitalisasi pasar (market capitalization) emiten.

Dari data dari Equity Daily Trading Publication Bursa Efek Indonesia (BEI) per 24 Februari 2021, nilai kapitalisasi pasar emiten kode saham BRIS sebesar Rp115 triliun.

 Baca juga: Bank Syariah Indonesia Targetkan Penjualan Sukuk Ritel SR014 Capai Rp500 miliar

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi menyebut, market capitalization akan menjadi acuan bagi proses ekspansi bisnis BSI. Termasuk membawa bank syariah pelat merah itu menduduki posisi 10 besar bank syariah dunia.

"BRIS ditargetkan dapat masuk dalam jajaran 10 besar bank syariah dunia terutama dari sisi kapitalisasi pasarnya," ujar Hery dalam diskusi virtual ISEI, Rabu (17/3/2021).

 Baca juga: BSI Kucurkan Pembiayaan UMKM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Keberadaan BRIS diharapkan bisa mengembangkan industri halal di dalam dan luar negeri. Hasil merger tiga bank syariah BUMN itu mampu menghasilkan aset Rp240 triliun atau setara 16,78 miliar dolar AS. Dengan jumlah aset tersebut diyakini bisa masuk dalam jajaran 10 bank syariah terbesar di dunia.

Aset BRIS sudah mencapai Rp240 triliun yang menempatkan emiten pada posisi bank dengan aset terbesar di posisi ke-7 di Indonesia.

Kementerian BUMN berharap, BSI dapat menjadi bank syariah yang kuat, profesional, dan efisien guna meningkatkan industri halal di dalam dan luar negeri. Tujuan itu direalisasikan melalui efisiensi digitalisasi, diferensiasi produk, peningkatan service excellence bagi nasabah, konsumer, dan UMKM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini