Share

5 Rahasia Jitu Membangun Bisnis dari Nol

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 21:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 455 2379219 5-rahasia-jitu-membangun-bisnis-dari-nol-7NxL0xaqpd.jpg Tips Memulai Bisnis (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Sebelum memulai bisnis, sebaiknya mempersiapkan beberapa hal untuk keberlangsungannya. Hal itu bertujuan untuk memanjangkan umur usaha yang dilakukan.

Ada banyak berbagai cara untuk memulai bisnis supaya usaha yang dibangun berjalan pada jalurnya. Kemudian, setelah menyiapkannya, mengetahui rahasia jitu memulai bisnis juga perlu dilakukan.

Dikutip dari buku Top 50 Bisnis Super Laris Paling Dicari oleh Tim Aksara Plus, Jakarta, Kamis (18/3/2021), rahasia jitu dalam berbisnis dapat meminimalisir terjadinya risiko yang besar sehingga tujuan utama dari memulia usaha bisa dicapai.

Berikut ini telah Okezone rangkum 5 rahasia jitu memulai bisnis.

Baca Juga: 11 Tips Budidaya Tanaman Kopi

1. Tetap Konsisten Jaga Kualitas

Ketika mengawali sebuah usaha, sering kali semangat kita terlalu berlebihan, sehingga tak jarang godaan untuk berbuat curang guna mendapatkan banyak keuntungan terbesit dalam pikiran para pelaku usaha.

Biasanya dalam kasus ini, para pelaku usaha cenderung menurunkan kualitas produknya untuk memenuhi kapasitas produksi yang lebih tinggi dan mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Meskipun cara ini memang sangat menguntungkan, namun citra baik perusahaan kita dipertaruhkan di mata para pelanggan.

Oleh karena itu, agar bisnis bisa bertahan hingga lima tahun pertama, tetaplah konsisten menjaga kualitas produk dan buatlah konsumen semakin loyal dengan produk yang dipasarkan.

Baca Juga: Tips Budidaya Tanaman Jahe hingga Panen

2. Buatlah Perubahan untuk Memenangkan Persaingan Pasar

Dalam dunia usaha, tidak ada perjalanan yang dimulai dan berakhir di tempat yang sama. Bersiaplah untuk melakukan perubahan atau inovasi baru untuk bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar.

Untuk bisa bertahan, seseorang perlu menciptakan inovasi baru yang dibutuhkan para pelanggan sehingga bisnis bisa fleksibel sambil berjalan menghadapi persaingan pasar.

3. Fokus pada Apa yang Diinginkan

Agar bisnis bisa memenangkan persaingan pasar maka fokuslah pada target yang diimpikan. Delegasikan hal- hal atau pekerjaan yang bukan menjadi keahlian agar fokus, waktu, serta tenaga tidak terbuang pada hal- hal yang kurang penting.

Biasanya kebanyakan pelaku bisnis (khususnya bisnis skala kecil) gagal mencapai targetnya karena terlalu banyak keinginan sehingga apa yang menjadi fokus utama perusahaan malah terabaikan

4. Luangkan Waktu untuk Melakukan Riset Pasar

Meskipun cukup sibuk, tetapi luangkan sedikit waktu untuk melakukan riset pasar dan siap tanggap dalam menghadapi semua tantangan. Kegiatan ini perlu dialankan dengan rutin di lima tahun pertama untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan para kompetitor serta mengikuti perkembangan tren atau mode terbaru yang beredar di pasaran. Dengan begitu, seseorang bisa sigap dalam menghadapi tantangan pasar dan tidak kalah bersaing dengan produk serupa milik para kompetitor.

5. Jangan Bertaruh untuk Hal yang Belum Yakin Berhasil

Banyak pengusaha di Indonesia yang akhirnya bangkrut karena membuat kesalahan dengan melakukan investasi atas bertaruh pada hal baru yang mereka sendiri belum yakin akan berhasil.

Untuk menghindari kesalahan tersebut, ada baiknya bila menghabiskan kas kecil untuk mengetes ide baru, dan memilih investasi lebih besar bila memang peluang tersebut sudah terbukti keberhasilannya. Meskipun telah memiliki cukup modal, tetapi harus tetap bijak dalam mengelola keuangan usaha.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini