Bikin Perencanaan Keuangan, Milenial Harus Siapkan Ini

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 622 2380198 bikin-perencanaan-keuangan-milenial-harus-siapkan-ini-GpianFJ5S3.jpg Tips Mengatur Keuangan (Foto: Shutterstock)

 JAKARTA Mengelola keuangan penting dilakukan semua generasi termasuk milenial. Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi Mike Rini mengungkapkan, pola pikir atau mindset yang tepat dibutuhkan generasi milenial dalam menyusun perencanaan keuangan. Hal tersebut dibutuhkan agar pengelolaan keuangan dapat berjalan sesuai rencana.

Menurut dia, terdapat dua mindset yang dibutuhkan generasi milenial dalam menyusun perencanaan keuangan. Pertama, mindset surplus bukan defisit.

Baca Juga: HUT Okezone ke-14, Ngobrol Seru soal Milenial Cerdas Keuangan bersama Mike Rini

“Jadi semua yang kita lakukan itu surplus. Surplus ini gampang banget, jadi gini selama kamu punya pengeluaran lebih kecil daripada penghasilan kamu maka kamu ga akan defisit,” kata Mike dalam acara Menjadi Milenial Cerdas, Kamis (18/3/2021).

Kemudian, mindset yang kedua adalah produktif bukan konsumtif. “Jadi kalau beli apa-apa gitu ya, terutama kalau beli gadget nih bukan karena statusnya tapi fungsinya. Tapi kalau saya amati yang namanya Android, yang namanya smartphone itu dari lima tahun lalu sampai sekarang kalau kita hanya fokus pada fungsinya, itu harganya dari Rp3,5 – 4 juta tidak berubah-ubah,” ujarnya.

 Baca Juga:  5 Tips Atur Keuangan bagi Pengantin Baru

Lanjut dia, mengelola keuangan bagi generasi milenial bukan merupakan sesuatu hal yang sulit. Dengan adanya perkembangan teknologi, pengetahuan yang luas dari berbagai sumber, dan mindset yang tepat itu memberi kemudahan dalam proses pengelolaan keuangan.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini