Bijak Atur Keuangan saat Pandemi Covid-19

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 622 2380734 bijak-atur-keuangan-saat-pandemi-covid-19-92pDBT0syT.jpg Tips Mengatur Keuangan. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat kondisi keuangan banyak orang mengalami permasalahan. Dari mulai mengalami gaji dipotong, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), hingga bangkrutnya sebuah usaha.

Alhasil, mereka juga harus berpikir keras lagi untuk melakukan perencanaan keuangan di tengah dompet yang menipis. Lalu, bagaimana cara mengatur pengeluaran yang baik di tengah krisis ekonomi ini?

Baca Juga: Milenial, Baca Nih Pentingnya Mengelola Keuangan

Konsultan Bisnis dan Keuangan Yuszak M Yahya memberikan tips-tips dalam mengatur keuangan di tengah pandemi Covid-19. Pertama, yang paling penting itu adalah mempetakan sebuah kebutuhan hidup, sehingga nantinya mengetahui prioritasnya.

"Jadi kita mapping dulu yang penting dan mendesak. Kedua, ada kebutuhan kita ada yang penting tapi tidak mendesak. Lalu, ada enggak penting, enggak mendesak juga," kata Yuszak dalam channel Youtube Layanan Jakarta DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga: Bikin Perencanaan Keuangan, Milenial Harus Siapkan Ini

Menurut dia, merunut sebuah kebutuhan itu merupakan hal yang utama dalam perencanaan keuangan.

"Setelah mapping itu, kita akan tahu prioritas uang kita akan dikeluarkan kemana," ujarnya.

Dia mencontohkan, sebuah prioritas pengeluaran yang harus diprioritaskan dalam menyusun keuangan seperti untuk kebutuhan makan, sekolah anak, transportasi, dan kebutuhan rumah tangga bagi yang sudah berkeluarga.

"Terkait makanan, dapur, sekolah, itu harus jadi prioritas," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini