Mau Pakai Kartu Kredit? Coba Pertimbangkan 6 Hal Ini Dulu

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 21:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 622 2384626 mau-pakai-kartu-kredit-coba-pertimbangkan-6-hal-ini-dulu-UtQFOV2Oyi.jpg Kelola Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA Kartu kredit bisa menjadi alat pembayaran yang bermanfaat jika ditangani dengan benar. Namun, masih banyak kasus di mana orang malah berakhir terjerat utang kartu kredit.

Jika tidak ditangani dengan bijak dan tanpa perencanaan yang baik, kartu kredit bisa menjadi senjata makan tuan bagi pemiliknya.

Maka dari itu, sebelum memiliki kartu kredit, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Calon pengguna setidaknya harus meriset perusahaan kartu kredit, fitur, manfaat, dan biaya yang akan dikenakan.

Baca Juga: Tak Selalu Merugikan, Berikut 6 Keuntungan Pakai Kartu Kredit 

Berikut ulasannya, dilansir dari The Balance, Jumat (26/3/2021).

1. Pastikan jumlah anggaran yang dimiliki

Calon pengguna perlu memastikan mereka akan bertindak secara bertanggung jawab dengan kartu kredit. Pengguna harus melunasi saldo secara penuh setiap bulan, dan harus yakin kartu kredit bukan digunakan untuk membeli barang yang sebelumnya tidak mampu dibeli. Berarti mereka harus tetap berpegang pada anggaran yang dimiliki.

Tipsnya, batasi jumlah kartu kredit yang dimiliki, jika satu kartu sudah mencapai maksimal jangan membuka kartu kredit baru. Pastikan anggaran yang ada mampu membayar kredit secara penuh tiap bulan.

2. Perhatikan suku bunga

Banyak kartu kredit yang memikat dengan suku bunga awal nol persen. Meskipun terlihat menguntungkan, pastikan pengguna bisa membayar saldo selama periode promosi. Jika tidak, mereka akan dipaksa untuk membayar dengan tingkat bunga baru yang mungkin lebih tinggi, bahkan bisa mencapai 15-20%.

Pastikan untuk meneliti tingkat bunga setelah periode promosi berakhir. Sebaiknya pengguna bisa mempertahankan skor kredit yang tinggi dengan tidak menggunakan terlalu banyak kredit dan bisa melakukan pembayaran tepat waktu.


3. Cari kartu tanpa biaya tahunan

Banyak kartu mencoba menawarkan cashback atau hadiah lain selama pengguna membayar biaya tahunan dengan kartu tersebut. Tapi jangan tertipu, sebenarnya ada kartu yang tidak memungut biaya tahunan. Lakukan riset terlebih dahulu.

 

4. Pertimbangkan imbalan yang ditawarkan

Jika pengguna akan membayar seluruh saldo pada akhir setiap bulan, pengguna harus memperhatikan dengan cermat imbalan yang akan diperoleh dengan menggunakan kartu kredit. Umumnya, penawaran terbaik adalah cashback atau diskon-diskon pembelian tertentu. Luangkan waktu untuk memahami berbagai program hibah atau hadiah tersebut, terkadang ada persyaratan tertentu.

 

5. Perhatikan denda yang akan dikenakan

 

Pengguna juga harus meneliti dan memahami denda atau biaya yang terkait dengan kartu. Misalnya, perusahaan kartu kredit dapat menaikkan suku bunga untuk satu kali keterlambatan pembayaran, sebagai tambahan dari biaya keterlambatan. Melebihi saldo kartu juga akan menyebabkan kenaikan suku bunga. Memahami cara kerja kartu adalah cara terbaik menghindari denda yang tidak diinginkan.

 

6. Batasi jumlah kartu yang dimiliki

Idealnya, pengguna hanya boleh memiliki total satu atau dua kartu kredit, selebihnya bukan termasuk kebutuhan. Lebih mudah terjerat utang kredit jika pengguna memiliki lebih dari satu kartu kredit. Apalagi jika baru memulai, alangkah lebih baik hanya punya satu saja dan bisa melunasi kredit tiap bulannya. Hal tersebut dapat membantu menjaga rasio utang terhadap pendapatan agar tetap terkendali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini