Perkuat Hubungan Dagang, Mendag Minta Investasi AS di Indonesia Ditambah

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 27 Maret 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 27 320 2384997 perkuat-hubungan-dagang-mendag-minta-investasi-as-di-indonesia-ditambah-Z4UcfEeV1R.jpg Mendag M Lutfi. (Foto: Okezone.com/Kemendag)

JAKARTA - Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi melakukan kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat (AS). Hal ini dilakukan guna memperkuat hubungan dagang Indonesia dan AS. Kunjungan kerja dijadwalkan berlangsung pada 24-28 Maret 2021.

“AS merupakan salah satu mitra dagang penting bagi Indonesia. Begitu pula Indonesia yang merupakan mitra dagang penting bagi AS. Total perdagangan kedua negara pada 2020 mencapai USD27,2 miliar dengan surplus bagi Indonesia sebesar USD10,04 miliar. Hubungan kedua negara perlu terus diperkuat dan ditingkatkan sehingga potensi perdagangan dapat terus tumbuh dan investasi AS di Indonesia dapat semakin meningkat,” ujar Mendag Lutfi di Jakarta, Sabtu (27/3/2021).

Baca Juga: RI-Jerman Perkuat Kerjasama Perdagangan, Investasi dan Industri

Mendag Lutfi menyampaikan produk-produk yang menyumbang pertumbuhan positif perdagangan kedua negara antara lain elektronik, hasil laut, furnitur, perhiasan, dan produk kimia.

AS juga merupakan 10 besar investor Indonesia. Nilai investasi AS ke Indonesia pada 2020 tercatat mencapai USD480,1 juta. Sejumlah pertemuan dilakukan dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja tersebut.

Baca Juga: UEA Investasi Rp144 Triliun ke SWF, Luhut: Bukti Kepercayaan ke RI

Salah satunya adalah pertemuan Mendag Lutfi dengan United States Trade Representative (USTR) yang baru dilantik, Duta Besar (Dubes) Katherine Tai secara virtual pada Kamis (25/3) waktu Washington DC.

Keduanya membahas upaya memperkuat hubungan dagang Indonesia-AS dan mendorong pemulihan ekonomi kedua negara melalui perdagangan.

Mendag Lutfi menyampaikan, di era kolaborasi ini ia siap bekerja sama dengan Dubes Tai untuk menumbuhkan perdagangan yang berkesinambungan, terbuka, dan adil; serta mendorong peningkatan investasi AS ke Indonesia.

“Kami membahas berbagai upaya peningkatan kerja sama perdagangan, baik di tingkat bilateral, regional, hingga multilateral untuk mendorong pemulihan ekonomi kedua negara pasca-Covid-19.

Pihaknya pun sepakat akan terus meningkatkan kerja sama Indonesia-AS yang lebih erat di berbagai bidang dengan semangat dan perspektif baru.

Mendag juga menyampaikan selamat kepada Dubes Tai yang telah dilantik sebagai USTR yang baru. Begitu pun Dubes Tai yang mengucapkan selamat atas penugasan baru Dubes Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini