Kilang Balongan Kebakaran, Begini Skema Stok Avtur di 3 Bandara

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 320 2385866 kilang-balongan-kebakaran-begini-skema-stok-avtur-di-3-bandara-3lSIHSf7uu.jpg Avtur (Foto: Antara)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melakukan strategi dalam memenuhi stok avtur di tiga bandara terkait insiden kebakaran pada tangki T-301G di Kilang Pertamina Balongan sekitar pukul 00.45 dini hari tadi.

CEO Subholding Commercial & Trading Pertamina Mas’ud Khamid mengatakan, ada tiga bandara yang selama ini disuplai avtur dari kilang Balongan, yaitu Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, dan Bandara Ahmad Yani Semarang.

"Untuk Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta akan disuplai dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng. Itu stoknya sangat cukup karena kebutuhan juga tidak begitu besar," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (29/3/2021).

Baca Juga: Kilang Minyak Balongan Terbakar, Dirut Pertamina Minta Maaf 

Untuk Bandara Ahmad Yani akan disuplai dari fuel terminal di Yogyakarta. "Untuk bandara sekitar Yogyakarta, Adi Soemarmo, Adisutjipto, dan New Yogyakarta 100% kita suplai dari Cilacap," imbuhnya.

Dia melanjutkan, sejumlah fasilitas terminal BBM juga akan dioptimalkan. "Plumpang di samping pemenuhan aspek produksi dioptimalkan dari kilang lain. Di Cikampek akan kami konsolidasikan inject fuel di Balongan yang saat ini tidak terdampak kebakaran," tuturnya.

Masyarakat diminta tidak perlu panik karena stok dipastikan aman. Pertamina akan memonitor kebutuhan SPBU di setiap tangki melalui sistem IT.

"Kami juga saat ini berbarengan mengaktifkan siaga Ramadan, yang tentu stok kami tambah sesuai dengan statistik tiap tahun kebutuhan menjelang Ramadan," jelas Mas’ud.

Selain avtur, stok LPG juga dipastikan aman. Saat ini stok LPG nasional cukup untuk 17 hari. "Rata-rata kita normal 16-17 hari, artinya stok kita cukup aman," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini