Rupiah Tertekan ke Rp14.525/USD, Ini Biang Keroknya

Ferdi Rantung, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 320 2387322 rupiah-tertekan-ke-rp14-525-usd-ini-biang-keroknya-hfUrteyRnN.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat ditutup melemah pada perdagangan hari ini. Rupiah ditutup melemah 45 point sehingga terparkir di level Rp. 14.525.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan bahwa salah satu persoalan yang membayangi negara-negara pasca pandemi covid-19 adalah negara maju seperti AS yang menggelontorkan dana stimulus tak terbatas.

 Baca juga: Rupiah Melemah Tipis di Rp14.436/USD

"Dari USD1,9 Triliun sampai ada rencana terbaru U$3 sampai 4 Triliun untuk Infrastruktur, yang mengakibatkan ekonomi AS membaik lebih cepat dari ekspektasi para analis," katanya dalam riset hariannya, Rabu (31/3/2021)

Dengan membaiknya ekonomi AS, berdampak terhadap naiknya inflasi dan yield obligasi AS tenor 10 tahun. Hal itu tentunya berpengaruh terhadap perekonomian negara-negara berkembang salah satunya Indonesia.

 Baca juga: Rupiah Masih Lesu, Bergerak di Level Rp14.452/USD

Ia mengatakan, Bank Indonesia sampai saat ini terus membantu dan mengendalikan gejolak mata uang rupiah akibat pandemi covid-19. Dengan strategi bauran ekonomi, bisa mengendalikan gejolak pertumbuhan dan stagnasi ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi kembali membaik walaupun tidak seperti yang diharapkan.

"Ini merupakan tantangan tersendiri bagi pemangku abdi negara agar bisa berfikir secara logis dan mencari solusi agar masalah pandemi covid-19 bisa terselesaikan dengan memvaksinasi keseluruhan masyarakat Indonesia." Terangnya

Selain itu, tingginya permintaan valas korporasi. Jelang akhir kuartal, kebutuhan valuta asing (valas) memang tinggi karena ada kewajiban pembayaran dividen, utang jatuh tempo, dan sebagainya.

"Rupiah jadi banyak dilepas untuk ditukar dengan valas, utamanya dolar AS. Faktor musiman ini yang membuat rupiah melemah," ujarnya

Sedangkan untuk perdagangan kamis, ia memprediksi mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi namun ditutup melemah di rentang Rp.14.530 - Rp.14.590.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini