Belanja Produk UMKM, Gubernur BI: Tak Ada Alasan Lagi

Hafid Fuad, Jurnalis · Minggu 04 April 2021 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 04 320 2389018 belanja-produk-umkm-gubernur-bi-tak-ada-alasan-lagi-T0ljhAiYrx.jpg Gubernur BI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BWI) di Jawa Barat untuk bulan ini.

Bahkan, pihaknya siap melibatkan 1.100 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan BI yang ada di seluruh Tanah Air.

"Kami akan mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia. Bank Indonesia akan dukung penuh dengan melibatkan 46 kantor perwakilan BI setiap bulannya. Untuk Jawa Barat kami kerahkan kantor perwakilan di Bandung, Tasikmalaya, dan Cirebon. Bahkan perwakilan di seluruh Indonesia akan ikut membantu setiap bulannya" ujar Perry dalam acara Pembukaan UKM Jawa Barat Paten yang disiarkan secara streaming (3/4/2021).

Baca Juga: Pengumuman! Stimulus UMKM Rp400 Miliar Cair 20 April 

Dia mengatakan, seluruh produk UMKM binaan BI akan ditampilkan baik secara bentuk fisik maupun e-catalog.

"Sehingga tidak ada alasan lagi, untuk belanja UMKM sekarang sudah secara virtual maupun secara fisik. Itu yang kami lakukan dan setiap bulan kami akan dukung. Bulan ini kami akan konsentrasikan di Jawa Barat," jelasnya.

Dukungan lainnya yakni ditujukan dengan cara proses pembayaran yang mudah. Yakni melalui Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS).

"Itu adalah cara pembayaran yang mudah tinggal ditempel saja bayarnya selesai sepanjang duitnya di rekening bank ada itu bisa selesai," ujarnya.

Seluruh rangkaian Gernas BBI dan BWI Jawa Barat yang disinergikan dengan Karya Kreatif Jawa Barat, Pekan Kerajinan Jawa Barat digelar sepanjang April 2021.

Bagi BI Jabar, pelaksanaan Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat, Pekan Kerajinan Jawa Barat 2021 yang dilaksanakan sebagai dukungan terhadap Gernas BBI dan BWI Jawa Barat ini merupakan upaya berkesinambungan untuk menciptakan New UMKM Jawa Barat secara end-to-end sebagai kekuatan ekonomi nasional yang tumbuh berdaya saing, bercirikan pemanfaatan digital, khususnya untuk mendukung promosi dan pemasaran secara virtual, sehingga diharapkan tetap mampu memberikan kontribusi optimal di masa pandemi terhadap perekonomian tidak hanya Jabar, tapi juga nasional.

Pelaksanaan Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat dengan Pekan Kerajinan Jawa Barat 2021 tersebut, juga merupakan upaya digitalisasi perekonomian termasuk UMKM, melalui digitalisasi sistem pembayaran yang diyakini sebagai entry point dukungan terhadap akses pembiayaan dan penciptaan ekosistem digital secara lebih luas dan terintegrasi untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan mendukung pencapaian visi Jawa Barat sebagai provinsi digital.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini