6 Fakta BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 05 April 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 04 320 2389084 6-fakta-blt-umkm-rp1-2-juta-cair-simak-syarat-dan-cara-daftarnya-0e2tDLxrmk.jpg BLT (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UMKM telah menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM sebesar Rp1,2 juta. Stimulus itu diberikan untuk membantu para pedagang di tengah himpitan krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Terkait hal itu, Okezone telah merangkum beberapa fakta soal BLT UMKM, Senin (5/4/2021).

1. BLT UMKM Cair Rp6,2 Triliun

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebutkan pemerintah telah menyalurkan dana BPUM atau BLT UMKM sebesar Rp6,29 triliun per 31 Maret. Setiap pelaku usaha mikro mendapatkan dana sebesar Rp1,2 juta, menurun dibandingkan BLT pada 2020 sebesar Rp2,4 juta.

Baca Juga: Pengumuman! Stimulus UMKM Rp400 Miliar Cair 20 April 

2. 5,2 Juta Pelaku Usaha Telah Terima BLT Rp1,2 Juta

Teten mengatakan, anggaran sebesar Rp6,29 triliun telah disalurkan kepada 5,2 juta pelaku UMKM per 31 Maret lalu.

"Hingga 31 Maret 2021, BPUM tahun 2021 telah tersalurkan kepada 5,2 juta usaha mikro dengan nilai Rp6,29 triliun," kata Teten dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI terkait Evaluasi Pelaksanaan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dilansir dari Antara, Kamis (1/4/2021).


3. Menkop Teten Targetkan Penerima BLT UMKM Sebanyak 9,8 juta

Selain nominal BLT yang menurun, jumlah penerima juga menurun dari tahun lalu. Jumlah penerima BLT UMKM berkurang dibandingkan total penerima pada tahun 2020 yang sebanyak 12 juta orang, menjadi 9,8 juta pelaku usaha mikro. Menteri Koperasi dan UKM mengemukakan pengurangan jumlah penerima BLT UMKM tersebut dikarenakan kendala anggaran pemerintah.

 

4. Pemerintah Upayakan Tambah Penerima BLT UMKM

Teten menyebut pihaknya tengah mengupayakan tambahan penerima BLT UMKM sebanyak 3 juta orang.

"Sebenarnya 9,8 juta itu masih jauh dari cukup. Sebenarnya yang mengajukan ke kantor kami bisa lebih besar, karena itu kami mohon bantuan untuk mengagendakan kepada Kementerian Keuangan untuk menambah menjadi 12 juta lagi berikutnya karena masih banyak yang belum menerima," kata Teten.


5. Penerima Baru Masih Dilakukan Pengumpulan Data

Jajaran Dinas Koperasi dan UKM di seluruh daerah sedang melakukan pengumpulan data ihwal siapa saja yang berhak menerima BLT sebesar Rp1,2 juta tersebut.

Seperti diketahui, target penerima BLT UMKM pada tahun ini ada sebanyak 12,8 juta pedagang.

"Intinya program 2021 untuk penerima baru dimulai pengumpulan datanya," kata Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop dan UKM Eddy Satria kepada Okezone, Kamis (1/4/2021).

Dia mengaku tak mengetahui pengerjaan verifikasi data penerima BLT UMKM akan selesai kapan. Sebab, agar BLT tersebut tepat sasaran, maka proses pemeriksaan datanya pun harus teliti.

"Belum tahu (selesai kapan), tergantung dinas," ujarnya.

6. Persyaratan dan Berkas untuk Dapatkan BLT UMKM

Adapun syarat untuk menerima BLT UMKM ini adalah sebagai berikut:

- Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)

- Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)

- Memiliki Usaha Mikro

- Bukan ASN, TNI/Polri, serta pegawai BUMN/BUMD

- Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR

- Bagi pelaku Usaha Mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Kemudian, calon penerima harus mendaftarkan diri ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah kabupaten/kota di wilayah masing-masing. Mereka wajib menyiapkan sejumlah berkas seperti berikut:

- Nomor Induk Kependudukan (NIK)

- Nama Lengkap

- KTP

- Alamat tempat tinggal sesuai KTP

- Bidang usaha

- Nomor telepon

Nantinya, penerima BLT UMKM akan menerima informasi melalui pesan singkat (SMS) oleh bank penyalur.

Setelah menerima SMS, penerima harus segera melakukan verifikasi ke bank penyalur yang sudah ditentukan untuk mencairkan dana yang sudah didapat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini