Mudik Dilarang, Sandiaga Uno Siapkan Prokes Wisata Lokal

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Senin 12 April 2021 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 320 2393446 mudik-dilarang-sandiaga-uno-siapkan-prokes-wisata-lokal-oF0fsKbdpo.jpg Menpar Sandiaga Uno. (Foto: Okezone.com/Kemenpar)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, adanya larangan mudik akan membuat masyarakat memilih destinasi wisata lokal di daerah setempat. Untuk itu, pengawasan juga akan terus dilakukan di berbagai destinasi wisata.

"Masyarakat akan mempertimbangkan destinasi wisata lokal. Oleh karena itu, kita akan antisipasi larangan mudik ini untuk menekan angka penularan Covid-19," ujarnya dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (12/4/2021).

Baca Juga: Gelar Kharisma Event Nusantara, Sandiaga Uno: Lokomotif Penggerak Ekonomi Masyarakat

Dia mengakui bahwa kebijakan larangan mudik terpaksa diterapkan mengingat angka kasus positif Covid-19 cenderung meningkat usai libur panjang. Dia berharap masyarakat menyikapi larangan mudik ini dengan penuh tanggung jawab dalam menekan penularan Covid-19.

"Para pelaku usaha juga segera beradaptasi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk memaksimalkan kualitas protokol kesehatan dan layanan di destinasi wisata," ungkapnya.

Baca Juga: GeNose di Bandara, Sandiaga Uno Berharap Kunjungan Turis ke Bali Meningkat

Sandiaga menuturkan, hingga saat ini destinasi wisata tetap dibuka dan akan memantau pergerakan wisatawan lokal. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan dinas setempat dan pengelola objek wisata untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan.

"Per hari ini destinasi wisata tetap dibuka dan kita tetap memantau terus sampai nanti ada evaluasi dan penilaian. Keputusan dibuka atau tidaknya tempat wisata itu adalah koordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan pihak-pihak terkait," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini