Pengusaha Kesehatan Cuan di Tengah Pandemi, Berikut Daftar 10 Miliardernya

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 04:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 455 2393889 pengusaha-kesehatan-cuan-di-tengah-pandemi-berikut-daftar-10-miliardernya-qtPA7BHSRY.jpg Pandemi Jadi Berkah untuk Industri Kesehatan. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Melonjaknya permintaan pasokan medis dan obat-obatan secara global di tengah Pandemi Covid-19 membuat pengusaha di bidang industri kesehatan ketiban durian runtuh. Banyak pengusaha di bidang ini masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia tahun 2021 versi Forbes.

Pandemi telah menjadi keuntungan bagi banyak perusahaan kesehatan, mulai dari pembuat vaksin hingga produsen uji diagnostik. Melonjaknya permintaan telah mendorong pertumbuhan sektor ini, menyebabkan kekayaan 10 ahli kesehatan terkaya di dunia meroket rata-rata 100% selama setahun terakhir.

Dilansir dari Forbes, Rabu (14/4/2021), tujuh dari miliarder ahli kesehatan tersebut berasal dari China, naik dari lima tahun lalu. Daftar tersebut dilengkapi satu orang India, satu orang Amerika, dan satu orang Korea Selatan.

Baca Juga: Alwaleed bin Talal, Orang Terkaya Arab Saudi yang Jago Investasi

Orang terkaya dari sektor industri kesehatan tahun ini adalah Jiang Rensheng, yang memimpin perusahaan vaksin China yang mengembangkan vaksin virus corona. Kekayaannya tumbuh paling tinggi tahun ini sekitar 221%. Dia dan keluarganya memiliki kekayaan $ 24,4 miliar.

Orang dengan pertumbuhan pesat kedua, Chen Bang dengan kekayaan senilai $ 17,9 miliar, merupakan ketua grup rumah sakit mata terbesar di China, dengan kenaikan keuntungan 136% berkat permintaan pasar yang sehat. Lalu di urutan ketiga, dengan keuntungan 109%, adalah Thomas Frist Jr. dan keluarganya dengan kekayaan senilai $ 15,7 miliar, menjalankan salah satu operator rumah sakit terbesar di AS.

Baca Juga: Kini CEO Oracle Larry Ellison Bergelar Centibillionaire, Hartanya Rp1.450 Triliun

Seperti vaksin dan perawatan rumah sakit, persediaan medis dan obat-obatan tetap sangat diperlukan secara global. Beberapa miliarder bidang kesehatan terkaya di dunia memperoleh kekayaannya dari bisnis di area tersebut, seperti Seo Jung-jin dari Korea Selatan dengan kekayaan $ 14,2 miliar masuk ke dalam daftar 10 teratas tahun ini berkat perusahaan biofarmanya Celltrion.

Berikut daftar lengkap 10 besar pengusaha terkaya di bidang industri kesehatan tahun 2021 versi Forbes:

1. Jiang Rensheng & keluarga (USD24,4 miliar) ketua produsen vaksin Chongqing Zhifei Biological Products.

2. Li Xiting (USD21,5 miliar) pendiri dan ketua Mindray Bio-Medical Electronics, memasok perangkat medis seperti ventilator ke rumah sakit secara global.

3. Zhong Huijuan (USD19,7 miliar) pendiri produsen obat China Hansoh Pharmaceutical.

4. Xu Hang (USD19,5 miliar) pendiri dan direktur non-eksekutif pemasok perangkat medis Mindray Medical.

5. Sun Piaoyang (USD18,9 miliar) pemegang saham mayoritas dan CEO Jiangsu Hengrui Medicine, raksasa farmasi Tiongkok.

6. Chen Bang (USD17,9 miliar) pemimpin jaringan oftalmologi terbesar di China, Aier Eye Hospital Group.

7. Thomas Frist Jr. & keluarga (USD15,7 miliar) pendiri HCA Healthcare, salah satu operator rumah sakit terbesar di AS.

8. Seo Jung-jin (USD14,2 miliar) salah satu pendiri perusahaan biofarma Celltrion.

9. Cyrus Poonawalla (USD12,7 miliar) pendiri Serum Institute of India, memproduksi vaksin virus korona Oxford-AstraZeneca.

10. Cen Junda (USD11,6 miliar) pemilik saham di Hansoh Pharmaceutical dan Jiangsu Hengrui.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini