8 Cara Mudah Kembangkan Bisnis Kecil Jadi Cuan

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 05:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 455 2394429 8-cara-mudah-kembangkan-bisnis-kecil-jadi-cuan-uAFe5iUVBC.jpg Personal Finance (Shutterstock)

JAKARTA - Perbaikan yang konsisten untuk meningkatkan bisnis kecil sangat penting untuk kesuksesan dan keberlanjutannya. Hal-hal seperti memantau arus kas secara konsisten, memanfaatkan media sosial untuk pemasaran, dan mengenali kekuatan bisnis sendiri bisa membantu pengusaha fokus pada peningkatan keuntungan yang besar.

Ada baiknya untuk pengusaha membuat daftar mengenai langkah-langkah dasar yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kecilnya. Berikut ulasannya, dilansir dari The Balance,Kamis (15/4/2021).

 Baca juga; Berbisnis dengan Etika, Ini 5 Konsep Marketing yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW

1. Pantau arus kas secara berkala

 

Beberapa bisnis kecil memiliki gambaran akurat tentang angka harian, mingguan, dan bulanan serta tren keuangan yang terjadi di dalam organisasi. Sangat penting bagi pengusaha untuk mengikuti arus kas. Jika tidak memiliki keterampilan keuangan, pengusaha bisa pekerjakan seorang akuntan.

2. Tetapkan Tujuan

Menetapkan tujuan dan sasaran adalah bagian penting dari kesuksesan bisnis. Gunakan tujuan sebagai alat perencanaan berkelanjutan untuk memastikan bahwa bisnis kecil terus maju. Misalnya, tingkatkan engagement sampai jumlah tertentu situs web, blog, atau media sosial bisnis. Lebih banyak engagement dapat diterjemahkan ke dalam pencapaian penjualan tambahan atau loyalitas pelanggan.

 Baca juga: 6 Cara Lahirkan Inovasi Pengembangan Bisnis

3. Gunakan Strategi Marketing yang Berdampak Tinggi

Membuang-buang uang untuk pemasaran yang tidak efektif itu memang mudah. Carilah strategi pemasaran beranggaran rendah sekaligus berdampak tinggi untuk meningkatkan bisnis kecil. Media sosial adalah salah satu strategi marketing berbiaya rendah dan berisiko rendah yang sangat baik untuk mempromosikan bisnis. LinkedIn, Facebook, Twitter, dan Instagram adalah beberapa medium yang bagus untuk menarik perhatian.

4. Pantau Tren Bisnis

Peristiwa dan perubahan dalam lanskap global berdampak pada bisnis sekecil apa pun. Terus ikuti tren dan masalah yang terjadi di industri dan komunitas lokal. Bahkan hal-hal yang tampaknya tidak relevan di permukaan mungkin bisa berdampak pada penjualan bisnis kecil, jadi pertimbangkan semua kemungkinan yang ada.

5. Pertajam Keterampilan Penjualan

Baik menggunakan teknik sales individual atau secara tim, pengusaha harus fokus pada peningkatan penjualan. Untuk memulai, perjelas misi bisnis. Ketika pengusaha menentukan bidang di mana bisnisnya unggul, dia bisa memiliki pemahaman yang lebih besar tentang visi dan tujuan bisnisnya sendiri.

6. Memotivasi Staf

Anggota staf yang berbakat dan termotivasi dapat membawa perbaikan besar dalam bisnis. Pelajari apa yang bisa memotivasi karyawan agar memiliki kinerja yang lebih tinggi. Pengusaha harus bersedia mendengarkan masukan dan wawasan dari semua orang, terlepas dari posisi atau senioritas. Beberapa ide terbaik datang dari mereka yang paling dekat dengan masalah tertentu.

7. Ketahui Batasan Diri Sendiri

Pemilik bisnis yang sukses memiliki gambaran yang jelas tentang keterbatasan mereka. Dengan mengetahui tipe kepribadian karyawannya, pengusaha dapat mengelola sumber daya mereka dan menemukan kelemahan dari bisnis mereka. Misalnya, jika pemilik hebat dalam penjualan tetapi kurang berpengalaman dengan pembukuan, fokuslah pada penjualan dan pekerjakan orang lain untuk menangani pembukuan.

8. Jangan Lupa Jadwalkan Liburan

Menjalankan bisnis kecil adalah sebuah kerja keras. Terkadang cara terbaik untuk meningkatkan bisnis dan menghidupkan kembali hasrat berbisnis adalah dengan berlibur. Jangan meremehkan nilai potensial dari meluangkan waktu istirahat dari pekerjaan agar tidak stress.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini