Vietnam Jadi Pengekspor Lobster Terbesar, KKP: Itu Benihnya dari Kita

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 320 2395205 vietnam-jadi-pengekspor-lobster-terbesar-kkp-itu-benihnya-dari-kita-v9uMeu1pVV.jpg Lobster (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berusaha untuk mengalahkan Vietnam sebagai negara dengan pengekspor lobster siap konsumsi terbesar di dunia.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Antam Novambar dalam konferensi pers di Jakarta.

Menurut dia hingga saat ini Vietnam menjadi pengekspor lobster dikarenakan budidaya yang dilakukan, namun benihnya diambil dari Indonesia.

"Jadi Indonesia tak kalah dengan Vietnam yang bisa membudidayakan lobster. Kita kalah karena hampir 99% Vietnam sebagai pengekspor lobster terbesar itu benihnya dari kita,” ujar dia, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga: Tegas! RI Stop Ekspor Benih Lobster 

Kemudian, kata dia, benih atau bibit lobster yang dibudidaya oleh Vietmam untuk menjadi lobster siap konsumsi diambil dari Indonesia melalui penyelendupan.

Hal ini dikarenakan, KKP masih akan terus melarang adanya ekspor benur lobster, dan memutuskan untuk meningkatkan budidaya lobster.

"Vietnam pintar ambil benih harga kecil lalu dijual besar dengan teknologi dengan harga mahal. Kita masih belajar," jelas dia.

Maka itu, untuk mengantisipasi adanya penyelundupan benih lobster tersebut, pihaknya bekerjasama dengan berbagai pihak terkait, yakni seperti pihak kepolisian, Pemerintah daerah, dan bea cukai hingga Kejaksaan.

"Jadi yang namanya ekspor bibit benur lobster enggak akan lagi ada. Solusinya satu, akan ada budidaya," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini