Pengusaha Tak Mampu Bayar THR, Pekerja Harus Dapat Bansos

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 320 2395804 pengusaha-tak-mampu-bayar-thr-pekerja-harus-dapat-bansos-FlrJ19G6pU.jpg Pembayaran THR Tingkatkan Daya Beli Masyarakat. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) akan meningkatkan daya beli masyarakat. Hal ini pun dapat mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2021.

Meski begitu, Ekonom Senior Institute for Development on Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati menilai bahwa pemerintah harus mempunyai indikator yang bisa menjadi panduan bagi perusahaan yang belum mampu membayarkan THR.

Baca Juga: Duit Baru Rp75 Ribu untuk THR, 1 KTP Bisa Tukar 100 Lembar

"Misalnya ada pemetaan terhadap perusahaan-perusahaan yang mampu. Kalau perusahaan dalam kondisi mampu memberikan THR maka hukumnya wajib karena akan meningkatan daya beli masyarakat. Namun bagi perusahaan yang benar-benar tidak mempunyai kemampuan, semestinya pemerintah punya instrumen lain," ujarnya dalam Market Review IDX Channel, Jumat (16/4/2021).

Menurut Enny, jika perusahaan yang tidak mampu membayar THR maka instrumen pemerintah yang bisa dilakukan seperti mekanisme bantuan sosial dari pemerintah. Dengan begitu, pekerja tetap mendapatkan haknya.

Baca Juga: Begini 'Azab' Perusahaan yang Tidak Bayar THR Karyawan

"Instrumen pemerintah lain terutama yang dialokasikan untuk perlindungan sosial harus di-shifting untuk pemenuhan hak pekerja atau hak buruh. Jadi mereka tetap mendapatkan haknya dan berpotensi meningkatkan daya beli masyarakat, tetapi juga tidak menyebabkan semakin terpuruknya dunia usaha," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini