Dikelola Negara, Sri Mulyani Asuransikan Aset TMII

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 320 2395829 dikelola-negara-sri-mulyani-asuransikan-aset-tmii-PAlutd65W7.jpg Pemerintah Ambil Alih Pengelolaan TMII. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Disebutkan dalam Perpres, tanah bersertifikat hak pakai atas nama Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Kemudian dengan ditetapkannya penguasaan dan pengelolaan TMII oleh Kemensetneg, maka penguasaan dan pengelolaan TMII oleh Yayasan Harapan Kita berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 51 Tahun 1977 dinyatakan berakhir. Perpres tersebut pun telah diundangkan pada 1 April 2021.

Baca Juga: Yayasan Harapan Kita Tak Pernah Setor Pendapatan ke Negara

Direktur Barang Milik Negara DJKN Kemenkeu Encep Sudarwan mengatakan, akan segera mengasuransikan pengelolaan TMII. Lantaran, Kementerian Keuangan menargetkan aset negara atau barang milik negara (BMN) harus semuanya diasuransikan pada tahun ini.

"Prinsipnya semua BMN harus di asuransikan. Nilainya belum kita ketahui. Karena kami ingin tahun ini semua BMN diasuransikan," ujar Encep dalam video virtual, Jumat (16/4/2021).

Baca Juga: 7 Fakta Negara Ambil Alih Pengelolaan TMII dari Yayasan Harapan Kita

Dia menambahkan pemerintah memberikan waktu 3 bulan kepada Yayasan Harapan Kita untuk mempersiapkan serah terima dengan pemerintah. Adapun, Yayasan Harapan Kita dilarang membuat atau mengubah perjanjian terkait pengelolaan TMII dengan pihak lain tanpa persetujuan tertulis dengan Kemensetneg.

Tetapi tidak terbatas pada pelepasan aset, perjanjian utang, perjanjian sewa menyewa, penjaminan, perjanjian kerja, penerbitan surat utang.

"Kita kasih 3 bulan untuk serah terima dengan pemerintah nanti," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini