Minggu Pertama Puasa, Masyarakat Mulai 'Serbu' Mal tapi Tak Belanja

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 320 2395922 minggu-pertama-puasa-masyarakat-mulai-serbu-mal-tapi-tak-belanja-Jgs2ea6FSS.jpg Mal (Foto: MPI/Shelma Rachmahyanti)

DEPOK – Pada minggu pertama bulan Ramadan, suasana salah satu mal di kawasan Depok, Dmall, terpantau cukup sepi di siang hari. Dari pantauan MNC Portal Indonesia, tidak banyak pengunjung yang datang ke pusat perbelanjaan tersebut.

Mal yang terdiri dari tiga lantai itu, pada lantai satu dipenuhi oleh berbagai macam bazar yang menjual barang kebutuhan seperti pakaian, sepatu, dan makanan. Terlihat beberapa pengunjung yang berada di lantai satu mendatangi pameran-pameran tersebut.

 Baca juga: Para Karyawan Mal Divaksinasi, Kepercayaan Pengunjung Meningkat

Tenant Relation Coordinator Dmall Arif Purnomo mengakui, pada Ramadan tahun ini jumlah pengunjung cukup meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Terutama pada sore hari yakni mendekati waktu berbuka puasa.

“Perbedaan jelas ada ya. Bahkan sebelum Ramadan pun semenjak PPKM agak dilonggarkan itu lumayan meningkat kondisi traffic-nya. Ditambah Ramadan ini jelas berbeda dengan saat pas ada PPKM itu ya,” katanya kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (16/4/2021).

 Baca juga: Pengusaha Mal Siap Panen Duit saat Lebaran meski Mudik Dilarang

Ia mengatakan, adanya pameran dan juga bioskop sangat membantu jumlah pengunjung yang datang ke tempat pusat perbelanjaan tersebut.

“Bioskop kita itu, CGV, filmya lagi bagus sehingga traffic-nya juga membantu. Dan berbagai event kita kaya pameran-pameran itu juga untuk minggu pertama lumayan bagus, karena memang mulainya sudah dari sebelum Ramadan,” ujar Arif.

Namun, kata dia, daya beli masyarakat belum meningkat. Menurutnya, masyarakat masih enggan untuk membelanjakan uangnya.

“Untuk pengunjung kita ngajak biar bisa datang ke mal karena dari segi protokol semua sudah berjalan dan lumayan ketat. Memang di sini yang jadi concern kita itu daya belinya. Orang tuh buat ngeluarin uang belum mau, karena mungkin banyak yang memang selama pandemi tidak bekerja,” ucap Tenant Relation Coordinator Dmall tersebut.

Sementara itu, salah satu pengunjung Bapak Edi (53 tahun) mengaku, mengunjungi mal saat Ramadan hanya untuk sekadar ngabuburit atau berjalan-jalan bersama keluarga sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Kemudian, dia mengatakan, selama pandemi ini cukup sering mengunjungi pusat perbelanjaan, salah satunya Dmall. Ia menuturkan, hampir setiap bulan dia mengunjungi mal hanya untuk makan bersama keluarga.

“Protokol kesehatan di sini aman, saya sering ke sini. Di sini lebih nyaman dan enak buat makan sama istri dan anak-anak saya,” ujarnya saat dikonfirmasi Jumat siang di lokasi (16/4/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini